Janji Sandiaga Uno Fasilitasi Tenaga Medis COVID-19 Untuk Liburan
Nasional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan jika pihaknya bakal memfasilitasi tenaga medis COVID-19 untuk berwisata melalui program wisata nusantara tematik.

WowKeren - Selama pandemi virus corona (COVID-19) berlangsung, tenaga medis bekerja keras untuk menyembuhkan para pasien. Tak jarang, pandemi yang tak kunjung berakhir ini tentunya membuat para tenaga medis merasakan lelah berkepanjangan baik secara fisik maupun mental.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun mengatakan pihaknya bakal memfasilitasi tenaga medis untuk berwisata melalui program wisata nusantara tematik. Langkah tersebut merupakan salah satu dari program kemanusiaan karena dampak COVID-19.

Selain itu program tersebut secara tidak langsung bisa menjadi salah satu upaya reaktivasi usaha jasa parekraf. “Perjalanan wisata nusantara tematik salah satunya juga adalah bagaimana nakes atau tim medis kita yang sekarang letih, lelah, itu bisa kita berikan refreshing di tempat-tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari tempat mereka bertugas, tapi bisa meringankan beban mereka,” kata Sandiaga saat rapat dengan Komisi X DPR, Selasa (26/1).


Sandiaga mengakui kondisi saat ini membuat sektor perhotelan terdampak. Untuk itu, ia bakal mereaktivasi industri perhotelan yang juga untuk mendukung fasilitas tenaga kesehatan dan pasien terkonfirmasi tanpa gejala.

“Kita ketahui perhotelan dan teman-teman di usaha seputar perhotelan sedang mengalami tekanan yang luar biasa, sementara di sisi kesehatan memerlukan tempat untuk nakes dan pasien OTG,” ujar Sandi. “Ini yang kita akan coba dorong dalam satu kegiatan yang betul-betul bisa dirasakan dampaknya oleh penanggulangan COVID-19."

Meski begitu, Sandiaga belum mendetailkan mengenai program untuk tenaga medis tersebut, termasuk hotel mana saja yang digunakan hingga biayanya. Selain itu, Sandi juga akan memaksimalkan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE).

Adapula gerakan BISA atau bersih, indah, sehat, dan aman yang akan terus didorong. “Gerakan BISA, bersih, indah, sehat, aman yang akan kita perluas dan juga akan tentunya bisa langsung dirasakan masyarakat,” tandasnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru