Pertanyaan Paling Bikin Bingung: NCT Termasuk Grup K-Pop Generasi Ke-3 atau Ke-4?
Selebriti

Netizen telah membawa ke pertanyaan yang rumit: 'Apakah NCT merupakan grup generasi ke-4?' Menanggapi pertanyaan ini, sebagian netizen bingung dalam generasi mana mereka harus menempatkan boy grup tersebut.

WowKeren - Salah satu debat paling menarik di industri musik Korea saat ini adalah awal dari generasi ke-4 idol K-Pop. Dan kini, para netizen bingung apakah menyebut NCT sebagai grup idol generasi ke-3 atau ke-4.

Pada awal 2020, industri musik serta penggemar kurang lebih telah mencapai konsensus bahwa generasi ke-4 telah dibuka. Grup idol K-Pop yang dikenal mewakili generasi ke-4 antara lain: Stray Kids, The Boyz, (G)I-DLE, ITZY, TXT, dan ATEEZ. Di sampig para leader generasi ke-4 (saat ini), pendatang baru yang baru debut seperti CRAVITY, TREASURE, ENHYPEN, dan aespa juga meramaikan generasi terbaru K-Pop.

Sekarang, netizen telah membawa ke pertanyaan yang rumit: "Apakah NCT merupakan grup generasi ke-4?" Menanggapi pertanyaa ini, sebagian netizen bingung dalam generasi mana mereka harus menempatkan boy grup tersebut.

"Sudah 5 tahun sejak cowok-cowok kita debut tapi beberapa dari mereka masih berkata, 'Halo, senang bertemu denganmu. Siapa namamu?'... Ini rumit..." komentar netizen. "Mungkin NCT adalah generasi ke-3, NCT Dream adalah generasi 3,5, dan WayV adalah generasi ke-4..." kata netizen lainya.

"Dari 23 member, sekitar 14 di antaranya debut pada 2016 atau 2017? Yang lainnya bergabung pada 2018, 2019, dan 2020," ujar netizen. "Tapi sunbae langsung mereka dari label yang sama, EXO, adalah generasi ke-3. Jadi NCT harus menjadi generasi ke-4?" komentar yang lain. "Ini sangat membingungkan. Anggap saja mereka generasi 3,75," imbuh lainnya.


Mereka yang menentang gagasan tersebut umumnya berpendapat bahwa generasi perlu diukur dengan tahun debut. Jadi mengingat NCT debut pada 2016 dan mereka seangkatan dengan [=TWICE], maka mereka seharusnya sama-sama disebut generasi ke-3.

"Tapi NCT debut lebih awal dari BLACKPINK. BLACKPINK menandai akhir dari girl group gen ke-3, jadi bagaimana NCT bisa menjadi gen ke-4?" kata netizen. "Ya, sudah 5 tahun sejak mereka debut, dan generasi ke-4 sekarang baru saja dimulai. Mereka adalah generasi ke-3 atau 3,5," ujar lainnya. "Generasi didasarkan pada tahun debut orang. Kenapa orang masih bilang NCT adalah generasi ke-4?" imbuh yang lain.

Namun, yang lain berpendapat bahwa generasi tidak selalu dihitung hanya berdasarkan tahun debut. Sebaliknya, tingkat keberhasilan grup, seperti ketika mereka menjadi "populer" atau "relevan", lebih berkontribusi pada status generasi mereka.

"NCT memulai debutnya pada tahun 2016, tapi mereka mulai menjadi besar pada tahun 2020, jadi mereka adalah generasi ke-4," ujar netizen. "Generasi lebih didasarkan pada saat grup menjadi sukses, bukan?" komentar lainnya. "Generasi tidak hanya berdasarkan tahun debut. Generasi dikategorikan oleh artis yang mewakili grup itu. Generasi pertama - HOT, Sechskies. Generasi ke-2 - TVXQ, Super Junior, BIG BANG. 2.5 - SHINee, 2PM. Generasi ke-3 - EXO, Bangtan Boys. Masih belum ada yang tahu grup mana yang akan mewakili generasi ke-4," imbuh lainnya.

Ada orang lain yang juga memiliki pendapat berbeda. "Menurutku tidak benar untuk mengatakan bahwa generasi ke-4 telah memulai kekekeke. Baru setelah EXO menjadi yang teratas, orang-orang mengkategorikan EXO sebagai awal dari generasi ke-3, dan tidak ada seorang pun dari generasi ke-4 yang datang mendekati level itu," komentar netizen. "Aku tidak berpikir kalian dapat mengkategorikan generasi ke-4 sampai era BTS berlalu. Seperti ketika mereka memulai dinas militer mungkin," ujar lainnya.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts