Pihak Ruben Onsu Sudah Cabut Laporan, KPAI Beber Alasan Panggil Ridwan Remin
Instagram/ridwanremin
Selebriti

KPAI ungkap alasan memanggil Ridwan Remin terkait aduan Jordi Onsu. Meskipun kini diketahui bahwa aduan kasus stand up comedy yang dianggap menghina keluarga Ruben telah dicabut.

WowKeren - Ridwan Remin memenuhi panggilan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) atas kasus stand up comedy-nya yang dianggap menghina keluarga Ruben Onsu pada Senin (15/2). Ia datang atas laporan dari adik Ruben, Jordi Onsu.

Susanto selaku Ketua KPAI mengungkapkan alasan pihaknya memanggil Ridwan atas pengaduan Jordi tersebut. "Prinsipnya, hari ini kita klarifikasi, tetapi KPAI dalam menjalankan tugas tidak semata-mata karena ada pengaduan. Kami juga berdasarkan pengawasan dan monitoring, juga evaluasi," ungkap Susanto di kantornya, Senin (15/2).

Pada kesempatan tersebut, Ridwan menjelaskan bahwa materi yang dibawakan tidak bermaksud untuk menyinggung pihak Ruben. Pihak KPAI lantas menegaskan bahwa Ridwan harus melakukan perbaikan dalam menyampaikan materi stand up comedy agar bisa lebih diterima oleh masyarakat.

"Yang bersangkutan sudah jelaskan ke kami. Kita sebenarnya menyemangati Mas Ridwan dan teman yang lain sebagai komedian. Kita ingatkan bahwa perlindungan anak tidak hanya dilakukan oleh orang tua, pemerintah daerah, negara, tapi juga masyarakat," jelasnya.


"Membuat jokes, menghibur, itu semangatnya menghibur masyarakat, itu memang seiring berjalannya waktu harus penuh dengan inovasi, menyesuaikan dengan kode etik perlindungan anak. Ini tadi saya sampaikan ke Mas Ridwan dan Mas Ridwan sangat welcome, beliau akan terus memperbaiki dan upaya ke depan makin lebih baik," papar Susanto.

Di sisi lain, Susanto juga menjelaskan bahwa aduan Jordi tersebut telah dicabut. Namun hal tersebut tak membuat KPAI mengurungkan niatan untuk memanggil Ridwan Remin guna melakukan evaluasi.

"Ini memang diajukan pengaduannya memang sudah dicabut, tetapi sekali lagi KPAI bekerja tidak semata-mata berbasis pengaduan tapi juga berbasis hasil pengawasan. Kalau berdasarkan KPAI ada hal yang perlu diluruskan, butuh kita perbaiki agar lebih baik lagi, cara menghibur apalagi di era seperti ini pergeseran banyak ke era digital," pungkas Susanto.

Di sisi lain, Ridwan sempat menegaskan materi stand up-nya bukan bermaksud untuk menyinggung. Kendati begitu, Ridwan pun tidak berniat untuk meminta maaf pada pihak Ruben.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel