Pemprov DKI Minta Kendaraan Tak Parkir di Basement Saat Cuaca Ekstrem
Pxhere
Nasional
Fenomena Banjir 2021

Imbauan tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria untuk merespons banyaknya kendaraan yang terendam banjir di Kemang, Jakarta Selatan, pada Sabtu (20/2) pekan lalu.

WowKeren - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau agar warga, tidak memarkir kendaraannya di area basement selama cuaca ekstrem. Imbauan tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria untuk merespons banyaknya kendaraan yang terendam banjir di Kemang pada Sabtu (20/2) pekan lalu.

"Kami juga sudah meminta jajaran kami mengingatkan mensosialisasikan ke seluruh daerah-daerah yang berpotensi banjir ketika hujan ekstrem untuk memastikan tidak ada lagi kendaraan yang berada di basement atau di depan hotel, depan resto dan sebagainya apabila daerah tersebut berpotensi banjir," terang Riza kepada awak media pada Selasa (23/2).

Menurut Riza, kendaraan yang terendam banjir di Kemang rata- rata merupakan milik tamu yang ditinggal menginap di sekitaran hotel. Oleh sebab itu, Riza mengimbau pengelola hotel atau restoran untuk menyediakan tempat tinggi untuk area parkir kendaraan. Apalagi sejumlah wilayah Jakarta masih berpotensi banjir akibat cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan.


"Itu mungkin tamu yang datang menginap di hotel di beberapa tempat, ketika hujan tengah malam tidak tahu dan paginya udah tenggelam mobilnya," kata politisi Partai Gerindra tersebut. "Ya bagi tempat-tempat yang berpotensi banjir, ya kita minta dicarikan tempat yang lebih tinggi."

Lebih lanjut, warga yang berada di wilayah potensi banjir juga diminta untuk berupaya melakukan penyelamatan barang berharga agar kerugian materi bisa dikurangi. "Mari kita semua seluruh masyarakat di daerah- daerah yang berpotensi banjir apabila hujan ekstrem untuk lebih hati-hati, lebih teliti memastikan keselamatan jiwa, barang pribadi dan juga kami dari BPBD juga telah menyiapkan titik-titik pengungsian," terang Riza.

Di sisi lain, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan yang menyatakan bahwa hujan lebat yang berpotensi banjir dan longsor akan melanda Jakarta pada 23-24 Februari 2021. Oleh sebab itu, Riza meminta agar orangtua terus mengawasi anak-anaknya kala terjadi banjir untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa. Mengingat empat dari lima korban jiwa banjir Jakarta beberapa hari lalu merupakan anak-anak.

"Jangan sampai ada lagi korban jiwa, khususnya bagi anak-anak," pungkas Riza. "Kami minta orang tua dan ibu-ibu untuk mengajak anak-anak tidak hanya yang balita tetapi anak-anak remaja yang berusia 7 sampai 11, 12 tahun untuk tidak bermain hujan, berenang di tempat-tempat banjir yang ada di beberapa titik yang ada di Jakarta."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts