Dikecam Dunia, DJ Radio Jerman Minta Maaf Komen Rasis Hina BTS Persis COVID-19
Twitter/bts_bighit
Selebriti

DJ radio Jerman, Matthias Matuschik, merilis pernyataan usai dikecam dunia atas komentar rasis membandingkan BTS dengan COVID-19 selama siaran radio di stasiun Bavaria Bayern 3.

WowKeren - DJ radio Jerman, Matthias Matuschik, membandingkan BTS (Bangtan Boys) dengan COVID-19 selama siaran radio di stasiun Bavaria Bayern 3 pada 25 Februari. Setelah dikecam ARMY serta sejumlah tokoh terkenal di seluruh dunia, ia merilis permintaan maaf.

Sebelumnya selama siaran, Matthias Matuschik menggambarkan BTS sebagai "beberapa virus jelek yang semoga akan segera ada vaksinnya juga." Menyusul tekanan online yang intens, baik Matuschik dan Bayern 3 mempublikasikan permintaan maaf secara online, mengatakan bahwa pernyataannya memang tidak dapat diterima, tapi Matuschik tidak bermaksud agar mereka bersikap rasis.

Selain membandingkan BTS dengan COVID-10, Matuschik juga mengomentari cover terbaru BTS dari "Fix You" Coldplay selama MTV Unplugged, menyebutnya sebagai "penistaan." Ia mengatakan bahwa sebagai imbalan untuk penampilan mereka, BTS "akan berlibur di Korea Utara selama 20 tahun ke depan."

Namun Matuschik menolak disebut rasis dengan alasan dirinya juga memiliki mobil dari Korea Selatan. Sebagai respons, ARMY mengecam komentarnya secara online, membuat tagar #Bayern3Racist, #RacismBayern3 dan #RassismusBeiBayern3 trending di Twitter dunia untuk menarik perhatian mereka dan menyerukan permintaan maaf.

Awalnya, Bayern 3 menerbitkan pernyataan yang mengatakan bahwa Matuschik memang blak-blakan dalam berbicara, dan bahwa itu adalah "ciri khas" dari program tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa ia tidak berniat melukai penggemar BTS dengan kata-katanya yang berlebihan.


Orang-orang mengkritik pernyataan tersebut secara online, dengan beberapa menggunakan tagar #RacismIsNotAnOpinion dan mengatakan bahwa permintaan maaf tersebut menyalahkan penggemar alih-alih komentar Matuschik itu sendiri.

Matuschik dan Bayern 3 kemudian mengeluarkan permintaan maaf lebih lanjut secara online. Mereka menerbitkan pernyataan dalam bahasa Jerman dan Inggris di situs web Bayern 3.

"Aku telah banyak memikirkan hal ini selama beberapa jam terakhir dan memahami serta menerima bahwa kata-kataku secara rasial menyinggung banyak dari kalian, terutama komunitas Asia. Itu tidak pernah menjadi niatku, tapi aku menyadari bahwa, pada akhirnya, yang penting adalah hanya bagaimana kata-kata dipahami, bukan bagaimana maksudnya," kata Matuschik dalam pernyataannya.

Bayern 3 mengatakan dalam pernyataan keduanya bahwa mereka sedang mengatasi masalah dengan Matuschik dan tim untuk mencegah kejadian serupa di masa depan. "Bayern 3 juga secara tegas dan tegas menjauhkan diri dari segala bentuk rasisme, pengucilan, dan diskriminasi," bunyi pernyataan itu.

Kritik terhadap komentar Matuschik, dan tanggapan Bayern 3, terus terungkap secara online setelah permintaan maaf yang dianggap tidak memuaskan banyak orang. Dalam opini baru-baru ini untuk Vogue Remaja, penulis Jae-Ha Kim menulis bahwa kata-katanya berperan dalam "epidemi kebencian terhadap orang Asia, yang dipicu oleh tokoh-tokoh publik seperti Matuschik, yang hampir selalu mengklaim bahwa mereka tidak bersungguh-sungguh."

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru