Pandemi Corona Genap Setahun, Segini Jumlah Warga Indonesia yang Telah Terima Vaksinasi
Unsplash/Hakan Nural
Nasional
Vaksin COVID-19

Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan sebanyak 181 juta warga menerima suntikan vaksin corona demi membentuk kekebalan berkelompok alias herd immunity.

WowKeren - Pandemi virus corona (COVID-19) telah genap melanda Indonesia selama satu tahun per Selasa (2/3) hari ini. Sebagai informasi, kasus positif COVID-19 pertama di Tanah Air diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020 silam.

Dalam waktu setahun terakhir ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menangani pandemi. Mulai dari menerapkan pembatasan wilayah hingga menggencarkan program vaksinasi.

Adapun program vaksinasi COVID-19 di Indonesia telah dimulai sejak 27 Januari 2021 lalu. Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin corona buatan Sinovac.

Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan sebanyak 181 juta warga menerima suntikan vaksin corona demi membentuk kekebalan berkelompok alias herd immunity. Sudah berjalan lebih dari satu bulan, berapa banyak warga Indonesia yang telah menerima suntikan vaksin COVID-19 hingga kini?


Berdasarkan data Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) per Senin (1/3) kemarin, sebanyak 1.720.523 warga Indonesia telah menerima suntikan vaksin corona dosis pertama. Sedangkan yang sudah menerima suntikan dosis kedua mencapai 1.002.219 orang.

Update Vaksin Corona

covid19.go.id

Kementerian Kesehatan mengungkapkan ada tiga jenis vaksin yang telah diamankan oleh pemerintah, dan satu jenis yang masih dalam negosiasi. Adalah vaksin Sinovac, vaksin gratis konsorsium Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) GAVI/Covax, dan AstraZeneca yang telah diamankan Indonesia, sedangkan satu lagi Pfizer yang masih dalam negosiasi.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, menjabarkan bahwa Indonesia sudah mendatangkan hingga 3 juta dosis vaksin Sinovac dari Tiongkok pada Desember 2020 lalu. Bulan ini pun, ujar Siti Nadia, akan ditambah lagi dengan 4 juta dosis vaksin GAVI/Covax. Sedangkan 50 juta dosis vaksin AstraZeneca diperkirakan akan tiba di Indonesia per Juni 2021 mendatang.

Sementara itu, jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Tanah Air telah mencapai 1.341.314 pasien dalam waktu setahun terakhir ini. Dari jumlah tersebut, 1.151.915 pasien di antaranya telah dinyatakan sembuh dan 36.325 orang dilaporkan meninggal dunia.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts