Jangan Sampai Tubuh Lemas, Ini 8 Tips Jaga Semangat Kerja Saat Berpuasa
pexels.com/Ketut Subiyanto
SerbaSerbi
Ramadhan 2021

Jangan jadikan puasa sebagai alasan yang menghambat aktivitasmu. Meski dalam keadaan berpuasa, kamu masih tetap bisa kok melakukan aktivitas dengan penuh semangat.

WowKeren - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan memang penuh tantangan. Karena harus menahan makan dan minum dari pagi hingga siang, maka tak heran jika sebagian orang akan merasa lemas karena kurang energi. Alhasil, pekerjaan yang biasa pun terasa lebih berat untuk dilakukan.

Jangan jadikan puasa sebagai alasan yang menghambat aktivitasmu. Meski dalam keadaan berpuasa, kamu masih tetap bisa kok melakukan aktivitas dengan penuh semangat. Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap segar selama berpuasa.

Yang mana, kondisi ini adalah kunci untuk tetap bersemangat saat beraktivitas. Penasaran apa saja tips yang bisa dilakukan untuk membuatmu tetap bersemangat? Yuk, simak lebih lanjut artikel ini.

(wk/zodi)

1. Makan yang Cukup Saat Sahur


Makan yang Cukup Saat Sahur
pexels.com/Ron Lach

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit adalah dengan memperhatikan apa yang kamu makan saat sahur. Memang, saat sahur kamu pasti merasa sangat mengantuk namun kalahkan rasa ini dengan mencuci muka di kamar mandi. Pastikan kamu mengisi perutmu sebagai bekal puasa di siang hari.

Meski demikian, kamu juga perlu memperhatikan apa yang kamu makan. Pilih menu seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, dan yang tak kalah penting adalah serat. Hindari memilih menu makanan yang pedas karena makanan ini selain bisa menyebabkan gangguan pencernaan juga akan membuatmu merasa terus haus.

2. Tidak Begadang di Malam Hari


 Tidak Begadang di Malam Hari
pexels.com/cottonbro

Kunci tubuh yang bugar selain dari makanan adalah istirahat. Penting untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari. Oleh sebab itu, jika kamu selama ini terbiasa begadang maka segera hentikan kebiasaan itu. Di malam hari sebaiknya kamu tidak begadang lebih lama agar bisa bangun tepat waktu untuk sahur.

Selepas sahur sambil menunggu waktu subuh lakukan aktivitas ringan seperti mencuci piring atau menonton TV. Kemudian selepas subuh sebaiknya jangan tidur kembali karena bisa jadi akan membuatmu kembali lapar saat bangun. Selain itu, tidur selepas subuh juga bisa membuatmu merasa lemas sehingga kurang bersemangat berangkat kerja.

3. Isi Waktu Istirahat dengan Aktivitas Menyenangkan


 Isi Waktu Istirahat dengan Aktivitas Menyenangkan
pexels.com/Tatiana Syrikova

Jika biasanya kamu pergi makan siang dengan teman atau menikmati bekal di meja kantor, maka selama bulan puasa ini aktivitas tersebut akan berubah. Di jam-jam istirahat, karena kamu tidak perlu makan siang maka setelah menjalankan ibadah salat zuhur lakukan aktivitas yang berguna.

Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar kantor untuk menikmati pemandangan tanaman hijau. Hal ini berguna untuk menyegarkan kembali mata yang lelah usai lama menatap layar komputer. Kamu juga bisa mencari update informasi terkini dengan berselancar di dunia maya atau belajar hal baru yang bisa meningkatkan produktivitas kerja.

4. Hindari Kafein


Hindari Kafein
pexels.com/Gary Barnes

Bagi kamu yang terbiasa minum kopi, sebaiknya kurangi kebiasaan ini ketika memasuki bulan puasa. Memang sebagian orang menganggap jika kopi mampu membuat mereka lebih semangat dalam melakukan aktivitas kerja. Namun sebaiknya hal ini dihindari selama Ramadan.

Mengonsumsi kopi saat sahur dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan pencernaan hingga membuat perutmu terasa perih. Selain itu, sifat diuretik pada kopi akan mendorongmu ingin buang air kecil terus-menerus sehingga menyebabkan dehidrasi.

5. Penuhi Kebutuhan Air Putih


Penuhi Kebutuhan Air Putih
pexels.com/Daria Shevtsova

Untuk memastikan agar tubuhmu tidak kekurangan air selama menjalankan ibadah puasa, maka penuhilah kebutuhan air selama sahur. Minum lebih banyak air di saat sahur untuk menjagamu tetap terhidrasi. Selain itu, air putih mengandung mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kadar oksigen dalam otak.

6. Hindari Terlalu Sering Melihat Jam


Hindari Terlalu Sering Melihat Jam
pexels.com/KoolShooters

Pada sebagian orang, menjalankan ibadah puasa adalah hal menyenangkan namun bagi sebagian lainnya justru bisa terasa lebih berat. Tak sedikit dari mereka yang terus menantikan waktu berbuka yang masih lama sehingga yang dilakukan adalah terus-menerus melihat jam.

Padahal, aktivitas ini justru akan membuat ibadah puasa terasa semakin berat karena waktu yang berjalan terasa lebih lamban. Sebagai gantinya, carilah aktivitas lain untuk menyibukkan diri. Jika memang kamu sedang tidak memiliki pekerjaan yang memiliki tenggat waktu hari ini, buatlah perencanaan untuk esok atau mencari informasi agar tetap up to date.

7. Interaksi dengan Teman


Interaksi dengan Teman
pexels.com/Christina Morillo

Berinteraksi dengan teman bisa menjadi hal yang menyenangkan karena kamu bisa saling bertukar informasi, baik mengenai masalah kerja ataupun informasi lainnya. Namun sayangnya, di suasana pandemi seperti sekarang ini aktivitas tersebut bisa jadi lebih sulit dilakukan.

Bukan masalah! Kamu masih bisa memanfaatkan aplikasi obrolan yang ada, mulai dari Slack, Skype, WhatsApp, hingga aplikasi lainnya yang biasa kamu gunakan bersama rekan kerjamu. Mengobrol dengan rekan kerja akan membuatmu semakin dekat dengan mereka.

8. Beribadah Secara Rutin dan Tepat Waktu


Beribadah Secara Rutin dan Tepat Waktu
pexels.com/Michael Burrows

Selama Ramadan, manfaatkan Bulan Suci ini untuk mempertebal sisi religiusmu. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu lebih dekat dengan Tuhan, misalnya melaksanakan ibadah salat tepat waktu atau berbuat baik kepada sesama. Lakukan ibadah dengan rutin, baik saat berada di rumah maupun di kantor.

Jika memungkinkan, jangan menunda kewajiban beribadah karena akan membuatmu justru merasa lebih berat melakukannya. Segeralah mengambil air wudu ketika masuk waktu salat. Dengan iman yang kuat kamu juga akan semakin bersemangat menjalankan ibadah puasa.

Puasa pada dasarnya bukan sekadar menahan lapar dan haus. Puasa memiliki banyak keutamaan, terutama dari sisi kesehatan seperti yang dijelaskan di sini. Simak juga tradisi unik di berbagai belahan dunia selama puasa Ramadan di sini, ya.

You can share this post!

Related Posts