Dihadiri Pemimpin Kudeta Myanmar, KTT ASEAN Sukses Sepakati 5 Konsensus
Reuters/Stringer/File Photo
Dunia

Para pemimpin negara ASEAN sudah menyepakati 5 poin dalam pertemuan yang digelar di Jakarta pada 24 April. Tujuannya demi menghentikan krisis dan kekerasan yang terjadi di Myanmar.

WowKeren - KTT Asean yang digelar di Jakarta telah melahirkan kesepakatan pada 24 April. Ada 5 konsensus yang telah tercapai dalam pertemuan tersebut.

"Kami mengakui peran positif dan konstruktif ASEAN dalam memfasilitasi solusi damai untuk kepentingan rakyat Myanmar dan penghidupan mereka," ujar Ketua ASEAN Sultan Hassanal Bolkiah yang juga kepala negara Brunei Darussalam, dalam pernyataan resminya, Sabtu (24/4). "Dan karena itu menyetujui 'lima poin konsensus' yang dilampirkan pada pernyataan Ketua ini."

Poin pertama dari konsensus tersebut yakni kekerasan harus segera dihentikan di Myanmar dan semua pihak harus menahan diri sepenuhnya. Kedua, dialog konstruktif antara semua pihak terkait untuk mencari solusi damai demi kepentingan rakyat. Ketiga, utusan khusus Ketua ASEAN akan memfasilitasi mediasi proses dialog dengan bantuan Sekretaris Jenderal ASEAN.

Keempat, ASEAN akan memberikan bantuan kemanusiaan melalui AHA Centre. Kelima, utusan khusus dan delegasi akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu semua pihak terkait.


Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang hadir mewakili Indonesia juga sempat menyampaikan pendapatnya dalam pertemuan tersebut. Jokowi mendesak agar pemimpin di Myanmar berkomitmen penuh untuk mengatasi krisis.

"Di dalam pertemuan tadi, saya menyampaikan beberapa hal. Yang pertama, perkembangan situasi di Myanmar, sesuatu yang tidak dapat diterima dan tidak boleh terus berlangsung," kata Jokowi dalam siaran pers di akun YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (24/4). "Kekerasan harus dihentikan. Dan demokrasi, stabilitas, dan perdamaian di Myanmar harus segera dikembalikan. Kepentingan rakyat Myanmar harus selalu menjadi prioritas."

Jokowi mengaku lega karena para pemimpin negara ASEAN lainnya juga sepakat dengan Indonesia. "Kita bersyukur bahwa apa yang disampaikan oleh Indonesia ternyata sejalan dengan yang disampaikan oleh para pemimpin ASEAN," serunya.

Sebelumnya, KTT ASEAN digelar di Jakarta dan dihadiri Panglima Militer Sekaligus Pemimpin Kudeta Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing. Selain itu hadir pula sejumlah perwakilan diantaranya PM Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Vietnam Phạm Minh Chính, PM Kamboja Hun Sen dan PM Malaysia Muhyiddin Yassin.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait