Kejamnya Tsunami COVID-19 India Bikin Remdesivir Dijual USD1.000 di Pasar Gelap
AP Photo
Dunia

India tengah disapu tsunami COVID-19 yang menginfeksi hingga hampir 400 ribu orang setiap hari. Kondisi ini juga membuat obat-obatan mulai langka dan dimanfaatkan oleh oknum pasar gelap.

WowKeren - Krisis kesehatan besar-besaran yang terjadi di India rupanya dimanfaatkan oleh sejumlah oknum tak bertanggung jawab, dan barangkali juga tidak punya hati. Terbukti dari temuan obat untuk terapi penyembuhan COVID-19 malah dijual di pasar gelap dengan harga yang melonjak berkali-kali lipat.

Melansir Associated Press, Remdesivir di pasar gelap India ternyata bisa dijual sampai seharga USD1.000 per vialnya. Harga ini setara 20 kali lipat harga normal sebelum India disapu tsunami COVID-19.

"Orang-orang membuat kesepakatan senilai 200.000 sampai 300.000 Rupee (setara USD2.700 sampai USD4.000) di sebuah koper," ujar seorang relawan Yuva Halla Bol, Siddhant Sarang. Sarang merupakan salah satu dari sejumlah relawan muda yang membantu pasien COVID-19 mencari obat dan tempat tidur rumah sakit.

Tak jarang orang-orang yang terdesak situasi ini juga menjadi korban penipuan oleh oknum di pasar gelap. Seperti kisah Ashish Poddar yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menebus dua vial obat yang dibelinya di pasar gelap.


Poddar menunggu dengan sabar di luar rumah sakit di New Delhi, sementara sang ayah berjuang di antara desakan napasnya yang tersengal akibat COVID-19. Malang, obat yang dinantinya itu tak juga datang hingga sang ayah akhirnya meregang nyawa.

"'Kami sudah dekat'. 'Sebentar lagi kami sampai'," ujar Poddar membaca pesan yang disampaikan penjual obat-obatan dari pasar gelap itu. Padahal ia sudah menyiapkan hingga sekitar USD1.000 untuk mendapatkan antivirus Remdesivir dan obat yang mengurangi reaksi imun Tocilizumab.

"Seandainya ia mengaku bahwa ia tak akan datang," ungkap Poddar di antara rasa sedihnya. "Saya bisa mencari obat itu di tempat lain."

Sistem kesehatan India memang mulai kolaps karena gelombang besar wabah COVID-19 menerpa negara itu. Banyak rumah sakit yang kekurangan ranjang untuk merawat pasien, begitu pula dengan persediaan obat-obatan. Stok tabung oksigen juga sangat minim di negeri Bollywood hingga harus mendapat suntikan dari negara-negara lain.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru