5 Tahun Jadi Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab Sampaikan Pesan Perpisahan
Instagram/najwashihab
Selebriti

Najwa Shihab memberikan kabar soal dirinya yang telah resmi berhenti bertugas sebagai Duta Baca Indonesia. Najwa Shihab pun memberikan pesan terakhir setelah berhenti bertugas.

WowKeren - Najwa Shihab mengakhiri tugasnya sebagai Duta Baca Indonesia setelah 5 tahun lamanya. Najwa diketahui menjadi Duta Baca Indonesia periode 2026-2020. Najwa pun menyampaikan pesan perpisahan dan rasa syukur karena telah menyelesaikan tugasnya.

"Alhamdulillah, selesai sudah amanah lima tahun terakhir ini sebagai Duta Baca Indonesia periode 2016-2020. Tugas yang akan dilanjutkan oleh Duta Baca yang baru, Kang Heri Hendrayana atau lebih dikenal dengan nama Gol A Gong," tulis Najwa Shihab pada Jumat (30/4).

Najwa Shihab rupanya banyak menemukan hal baru tentang Indonesia selama menjadi Duta Baca. Najwa bisa melihat sisi lain Indonesia di luar dari sudut pandang politik ataupun pengusaha.


"Selama menjadi Duta Baca, saya menemukan Indonesia yang agak berbeda. Saya tidak menemukan Indonesia dari sudut pandang seorang pejabat, politikus, atau pengusaha, melainkan dari kaca mata seorang pustakawan, pemilik koleksi buku yang menghibahkan buku-bukunya untuk diakses orang lain, pedagang kelililing yang membawa buku sembari menjajakan dagangan, atau anak-anak muda yang menghabiskan waktu nongkrongnya dengan menggelar lapak bacaan gratis di taman-taman kota," ungkap Najwa.

"Secara umum kita memang masih menghadapi problem tingkat literasi, namun itu bukan semata karena keengganan membaca, melainkan karena problem akses kepada bacaan. Bukan minat baca yang rendah, akses kepada buku yang tidak merata alias timpang. Itulah tugas paling penting bagi kita semua di masa-masa mendatang, menjadi bagian ikhtiar menerobos ketimpangan akses kepada bacaan," sambungnya.

Tak lupa Najwa menyampaikan pesan perpisahan setelah resmi mundur sebagai Duta Baca. Meski begitu Najwa masih tetap menyuarakan pentingnya membaca bagi masa depan bangsa.

"Hari ini tugas saya sebagai Duta Baca resmi telah berakhir. Namun, bagaimana mungkin seorang pembaca buku bisa berhenti mengabarkan pentingnya buku dan membaca? Setiap pembaca pada dasarnya adalah duta bagi kegiatan literasi. Berkampanye atau tidak, aktifitas membaca dengan sendirinya adalah bagian dari jejaring literasi yang mahaluas; jejaring yang dengan itulah dunia di masa depan akan dibentuk," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru