India Kembali Catat Rekor, Kasus COVID-19 Bertambah 400.000 dalam Sehari
pixabay.com/Ilustrasi
Dunia

Data resmi menunjukkan jika angka tersebut membuat India menjadi negara pertama yang mencatat lebih dari 400.000 kasus dalam sehari selama pandemi COVID-19.

WowKeren - Perkembangan kasus COVID-19 di India tampaknya belum menunjukkan tanda-tanda akan membaik. Bagaimana tidak, pada Sabtu (1/5) hari ini saja negara tersebut kembali mencetak rekor jumlah kasus harian.

Lebih dari 400.000 kasus baru tercatat dalam 24 jam, ketika negara itu membuka program vaksinasi untuk orang dewasa. Data resmi menunjukkan jika angka tersebut membuat India menjadi negara pertama yang mencatat lebih dari 400.000 kasus dalam sehari dalam pandemi.

Kementerian kesehatan mencatat 401.993 infeksi baru, sehingga total beban kasus menjadi 19,1 juta. Sedangkan angka kematian tercatat ada 3.523, sehingga jumlah korban menjadi 211.853. Sebelumnya pada awal tahun lalu, otoritas India melonggarkan pembatasan setelah infeksi turun di bawah 10.000 per hari, mencabut pembatasan pada sebagian besar aktivitas.


Sebelumnya kurang dari dua bulan lalu, menteri kesehatan mengatakan India berada dalam "permainan akhir" pandemi dan New Delhi mengirim jutaan vaksin ke luar negeri. Namun tidak ada yang mengangka jika lonjakan akhirnya terjadi dan mendorong orang-orang untuk berlomba-lomba mendapatkan vaksin.

Kerumunan yang terdiri dari sekitar 100 orang terjadi di luar satu rumah sakit Delhi pada hari Sabtu (30/4) ketika petugas rumah sakit keluar untuk memanggil nomor orang yang telah mengantre. "Banyak sekali orang yang sakit dan jika kami sembuh, kami pastikan agar orang lain tidak tertular, jadi kami hanya ingin ke sini secepatnya," kata salah satu yang menunggu, Aadya Mehta.

Akibat adanya lonjakan ini, India untuk sementara terpaksa harus menghentikan ekspor vaksin AstraZeneca oleh Institut Serum India dan Covaxin untuk memprioritaskan kebutuhan dalam negeri. Bahkan Bangladesh sebelumnya dilaporkan telah menghentikan sementara program vaksinasi untuk penduduknya usai tidak adanya kepastian selama berminggu-minggu terkait suplai vaksin dari India.

Sejauh ini, India telah menyuntikkan 150 juta dosis ke warganya. Jumlah ini setara dengan 11,5 persen dari populasinya yang berjumlah 1,3 miliar jiwa. Sedangkan hingga kini baru ada 25 juta orang yang sudah mendapat dua kali suntikan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru