Kemenkes Kebut Vaksinasi COVID-19 Pascalebaran 2021, Targetkan 1 Juta Dosis Per Hari
Unsplash/CDC
Nasional

Seperti yang diketahui, pemerintah Indonesia saat ini tengah melangsungkan vaksinasi COVID-19 massal. Wamenkes menyampaikan pemerintah menargetkan satu juta suntikan per hari usai lebaran 2021.

WowKeren - Kasus COVID-19 yang berasal dari klaster lebaran 2021 tampaknya sudah mulai bermunculan. Satgas COVID-19 memprediksi lonjakan kasus pascalebaran baru mulai tampak akhir Mei 2021.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyampaikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 akan lebih ditingkatkan pascalebaran. Pemerintah menargetkan jumlah vaksinasi bisa mencapai satu juta dosis per harinya. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan lonjakan kasus COVID-19 yang tinggi.

"Kita pernah mencapai 500 ribu suntikan per hari," tutur Dante dalam siaran pers yang ditanyakan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (24/5). "Mudah-mudahan kita bisa mencapai satu juta suntikan per hari dalam waktu dekat ini."

Dante menyampaikan ada banyak cara untuk bisa mencapai target tersebut. Salah satunya adalah dengan menyederhanakan teknis pelaksanaan vaksinasi di lapangan. "Salah satunya, menyederhanakan meja vaksinasi yang tadinya empat meja menjadi dua meja," lanjutnya.


Lebih lanjut, Dante mengatakan bahwa vaksinasi Gotong Royong juga telah dimulai dan berjalan. Hal itu tentunya diharapkan bisa meningkatkan dan mempercepat vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

"Kemudian yang terakhir adalah bagaimana kita memulai tahap ketiga vaksinasi yaitu vaksinasi masyarakat umum di daerah rentan," terang Dante. "Jadi berbagai macam kombinasi tersebut kita akan menghadapi dengan optimis bahwa pandemi ini akan kita atasi dengan baik."

Dante menjelaskan sudah ada sekitar 14,5 juta orang yang telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama. Dengan demikian, pemerintah diharapkan bisa mencapai target.

"Target vaksinasi sekitar 70 persen dari jumlah penduduk dapat tercapai," pungkas Dante. "Dengan menerima vaksinasi COVID-19, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar kita seperti keluarga, rekan kerja, dan lainnya yang belum memiliki kekebalan terhadap COVID-19."

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy telah mengatakan pemberian vaksinasi COVID-19 per 20 Mei 2021 sudah mencapai sekitar 9,6 juta orang penerima dua dosis. Hal ini disampaikannya usai meninjau pemberian vaksinasi di Perpustakaan Nasional Salemba, Jakarta Pusat pada Senin (24/5).

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait