Tuai Pro Kontra, Berapa Gaji Abdee Slank Sebagai Komisaris Telkom?
Instagram/abdeenegara
Selebriti

Dikatakan bahwa bayaran Slank untuk sekali manggung bisa mencapai Rp500 juta. Lantas berapa gaji yang akan didapat Abdee selama menjabat sebagai Komisaris Telkom?

WowKeren - Abdee Negara alias Abdee Slank baru saja diangkat sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia Tbk (Persero). Selain menerima pro kontra, berapa bayaran yang akan diterimanya untuk posisi tinggi ini juga menarik perhatian.

Abdee diangkat Menteri BUMN Erick Thohir pada 29 Mei melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), berbarengan dengan ditunjuknya Mantan menteri riset dan teknologi Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Utama Telkom.

Penunjukan Abdee sebagai Komisaris Telkom langsung menjadi perbincangan publik. Tak sedikit pula yang menanggapi sinis dan meragukan kemampuannya untuk mengisi jabatan tinggi tersebut, mengingat latar belakangnya sebagai musisi.

Slank sendiri merupakan salah satu grup band populer dan legendaris di Tanah Air. Bayaran mereka untuk sekali manggung bisa mencapai Rp500 juta. Lantas berapa gaji yang akan didapat Abdee selama menjadi Komisaris Telkom?

Dilaporkan bahwa Gaji Abdee mengacu pada Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-12/MBU/11/2020 tentang Perubahan Kelima atas Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN.


Menurut beleid, gaji komisaris adalah sebesar 45 persen dari gaji direktur utama di sebuah perusahaan, sementara wakil komisaris utama digaji sebesar 42,5 persen dari gaji direktur utama. Anggota komisaris lainnya mendapat gaji sebesar 90 persen dari gaji komisaris utama.

Adapun rinciannya adalah komisaris utama sebesar Rp9,86 miliar yang terdiri dari honorarium dan tunjangan lainnya Rp3,81 miliar dan tantiem Rp6,06 miliar. Gaji total anggota komisaris berkisar dari Rp1,49 miliar hingga Rp11,31 miliar.

Besaran remunerasi masing-masing komisaris juga berbeda-beda dari nilai gaji dan tunjangan serta tantiem. Untuk besaran Rp1,49 miliar, ada yang sama sekali tidak mendapat tantiem atau hanya berupa gaji dan tunjangan lainnya.

Sementara untuk jabatan komisaris total gajinya mulai Rp1,48 miliar sampai Rp8,86 miliar, terdiri dari gaji dan tunjangan lain serta tantiem. Bagi yang mendapat Rp1,48 miliar tercatat tidak mendapatkan tantiem, sementara yang mencapai Rp8,86 miliar tercatat berupa gaji, tunjangan lainnya dan tantiem.

Meski belum jelas berapa jumlah pastinya, pendapatan Abdee sebagai anggota Komisaris Telkom diperkirakan berkisar miliaran rupiah, jelas lebih besar dari saat masih manggung bersama Slank.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts