El Salvador Siapkan RUU Legalkan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran yang Sah
pixabay.com/MichaelWuensch
Dunia

Presiden Nayib Bukele mengumumkan kemitraan El Salvador dengan perusahaan dompet digital, Strike, untuk membangun infrastruktur keuangan modern menggunakan teknologi bitcoin.

WowKeren - El Salvador berencana mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Saat ini, mata uang yang digunakan di negara tersebut adalah dolar AS.

Presiden Nayib Bukele mengumumkan kemitraan El Salvador dengan perusahaan dompet digital, Strike, untuk membangun infrastruktur keuangan modern negara itu menggunakan teknologi bitcoin. Ia mengatakan saat ini rancangan undang-undang untuk meregulasi kebijakan itu akan segera diserahkan ke kongres.

Adapun pengumuman ini disampaikannya dalam video yang disiarkan di Bitcoin 2021. Ini merupakan konferensi multi-hari di Miami yang disebut sebagai acara bitcoin terbesar dalam sejarah. "Minggu depan saya akan mengirim ke Kongres RUU yang akan membuat bitcoin menjadi alat pembayaran yang sah," kata Bukele.

Jack Mallers, pendiri platform pembayaran Lightning Network Strike, mengatakan ini akan menjadi terobosan di seluruh dunia untuk bitcoin. Menurut Mallers, Bitcoin menawarkan solusi bagi negara berkembang dari potensi guncangan inflasi mata uang.


"Apa yang transformatif di sini adalah bahwa bitcoin adalah aset cadangan terbesar yang pernah dibuat dan jaringan moneter yang unggul," ujar Mallers. "Dengan memakai bitcoin akan menyediakan cara untuk melindungi negara berkembang dari potensi guncangan inflasi mata uang fiat."

Mallers mengatakan langkah itu akan membantu melepaskan kekuatan dan potensi bitcoin untuk penggunaan sehari-hari di jaringan terbuka yang tak hanya menguntungkan individu, namun juga bisnis dan layanan sektor publik.

Sebagian besar warga negara El Salvador melakukan kegiatan perekonomian dengan menggunakan uang tunai. Sekitar 70 persen orang tidak memiliki rekening bank atau kartu kredit. Remitansi, atau uang yang dikirim pulang oleh para migran, menyumbang lebih dari 20 persen dari produk domestik bruto El Salvador.

Bitcoin sendiri tidak didukung oleh aset, juga tidak memiliki kepercayaan dan dukungan penuh dari pemerintah mana pun. Nilainya diperoleh, sebagian, dari fakta bahwa ia langka secara digital. Melansir CNBC, Senin (7/6), El Salvador telah membentuk tim pemimpin bitcoin untuk membantu membangun ekosistem keuangan baru dengan bitcoin sebagai lapisan dasar.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru