Tema 'Batman' yang Menangkan Grammy Awards Rupanya Dibuat di Toilet Pesawat!
Warner Bros.
Film

Dalam sebuah wawancara, Danny Elfman berbagi cerita tentang bagaimana dia membuat tema Batman-nya di kamar mandi pesawat saat terbang pulang dari lokasi syuting.

WowKeren - Tema dramatis "Batman" yang disutradarai Tim Burton, yang disusun oleh Danny Elfman, rupanya memiliki asal-usul yang cukup mengejutkan. Bagaimana tidak, tema tersebut rupanya dibuat di dalam bilik kamar mandi pesawat.

Dalam sebuah wawancara dengan Marc Maron untuk podcast WTF-nya, Elfman berbagi cerita tentang bagaimana dia membuat tema Batman-nya di kamar mandi pesawat saat dia terbang pulang dari lokasi syuting film di London ke Los Angeles. Tindakannya rupanya menimbulkan kekhawatiran dari pramugari, sehingga Elfman harus menjelaskan apa yang dia lakukan.

Hal itu bermula ketika ia berlari ke kamar mandi dan bersenandung. Saat kembali ke tempat duduknya ia terus memikirkannya. Dia sempat bolak-balik kamar mandi-tempat duduk beberapa kali sebab ia tak bisa berkonsentrasi jika hanya berada di tempat duduk.


"Saya mulai berlari di kamar mandi (dan bersenandung) dan saya kembali ke tempat duduk saya, dan saya berpikir. Sepuluh menit kemudian, kembali ke kamar mandi," ujarnya menjelaskan. "Dan kemudian kembali ke tempat duduk saya dan kemudian kembali ke kamar mandi, karena saya tidak bisa melakukan ini dengan pria yang duduk di sebelah saya."

Tema untuk film superhero blockbuster tahun 1898 itu telah mengantarkan Elfman memenangkan Grammy Awards. Tema tersebut adalah yang pertama dari dua proyek yang dikerjakan komposer itu untuk waralaba DC. Ini termasuk sekuel Burton "Batman Returns" serta "Batman: The Animated Series".

Namun, Elfman mengaku tidak senang dengan cara orkestrasi yang digunakan dalam film tersebut. Elfman tidak senang dengan dub yang digunakan di Batman setelah musiknya diputar dan diubah untuk potongan akhir film sebagai cara untuk menekankan efek suara ikonik yang terdengar dalam produk jadi.

Kembali ke acara TV Batman pada tahun 1960-an yang dibintangi Adam West, franchise ini telah dikenal dengan tema musik yang mudah diingat yang langsung dikenali oleh pemirsa. Skor Elfman khususnya dianggap baik, karena menerima beberapa penghargaan. Selain Grammy, Elfman juga menerima BMI Film Music Award untuk karyanya di Batman.

(wk/zodi)

You can share this post!