Usai Hebohkan India, Jamur Hitam Kini Sudah Merambah ke Oman
AP Photo/Mahesh Kumar
Dunia

Meskipun relatif jarang, infeksi tersebut telah menimbulkan kekhawatiran sebab peningkatannya yang tiba-tiba dapat mempersulit upaya untuk memerangi COVID-19.

WowKeren - Beberapa waktu lalu India dihebohkan dengan merebaknya infeksi jamur hitam atau mucormycosis di tengah ganasnya infeksi COVID-19 yang menuai sorotan dunia. Kini, jamur hitam tersebut sudah merambah hingga sampai ke Oman.

Dokter di Oman telah mendeteksi infeksi jamur yang berpotensi fatal tersebut. Kementerian Kesehatan negara itu mengatakan pada hari Selasa (15/6) bahwa tiga pasien COVID-19 telah terinfeksi dengan kondisi tersebut, yang telah menyebar di antara beberapa pasien virus corona di India.

Meskipun relatif jarang, infeksi tersebut telah menimbulkan kekhawatiran di antara pihak berwenang. Sebab, peningkatannya yang tiba-tiba dapat mempersulit upaya untuk memerangi COVID-19. Adapun kasus ini menjadi kasus pertama di Semenanjung Arab.

Sementara itu, pengumuman itu muncul ketika kesultanan menghadapi lonjakan infeksi COVID-19 yang membanjiri rumah sakit. Di tengah kian menyebarnya virus corona, pejabat kesehatan Oman memperingatkan awal pekan ini bahwa ada kekurangan serius terkait ketersediaan tempat tidur rumah sakit.


Selain itu, peluncuran vaksin di negara tersebut juga relatif lamban di tengah pembatasan pergerakan yang longgar. Hingga saat ini, Oman telah mencatat lebih dari 238.500 kasus virus corona, termasuk 2.565 kematian, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Kondisi jamur telah memicu kekhawatiran di tengah gelombang virus corona yang menghancurkan di India. Negara-negara lain, termasuk Mesir, telah melaporkan kasus yang tersebar dalam beberapa bulan terakhir ketika infeksi melonjak.

Pada dasarnya, jamur hitam ada di India sebelum gelombang virus. Kekhawatiran muncul ketika jamur ini menyerang ribuan pasien COVID-19 yang terinfeksi atau baru saja pulih. Mucormycosis disebabkan oleh paparan jamur mucor, yang biasa ditemukan di tanah, udara dan bahkan di hidung dan lendir manusia.

Jamur ini bisa menyebabkan penghitaman atau perubahan warna pada hidung hingga masalah yang lebih serius seperti penglihatan kabur atau ganda, nyeri dada, kesulitan bernapas hingga batuk darah. Infeksi jamur menyerang pasien dengan sistem kekebalan yang lemah dan kondisi yang menyertainya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts