Kontroversi
Selebriti

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member TWICE, Tzuyu yang berulang tahun pada, 14 Juni. Member tersebut berusia 22 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Pada November 2015, Tzuyu muncul bersama TWICE di variety show “Korea My Little Television”. Dia memperkenalkan dirinya sebagai orang Taiwan dan memegang bendera Republik Tiongkok (Taiwan) di samping bendera Korea Selatan. Bendera Jepang juga dikibarkan, mewakili kebangsaan dari tiga anggota girl grup lainnya, Momo, Sana dan Mina Myoui.

Penyanyi kelahiran Taiwan yang berbasis di Tiongkok, Huang An, menggunakan akun Sina Weibo-nya dan menuduhnya sebagai aktivis kemerdekaan Taiwan. Hanya beberapa hari sebelum menarik perhatian Tzuyu, Huang menuduh aktor Hong Kong Wong He membuat komentar menghina tentang daratan China di Facebook. Wajah Wong kemudian diburamkan di Tiongkok Central Television yang dikelola pemerintah China dan Wong mengeluarkan permintaan maaf.

Pengguna internet Tiongkok Daratan bereaksi dengan marah terhadap tindakan Tzuyu, menuduhnya "mengambil keuntungan dari penonton Tiongkok daratan sambil memegang sikap pro-kemerdekaan". Segera setelah itu, Twice dilarang dari televisi Tiongkok dan Tzuyu ditarik keluar dari dukungannya dengan perusahaan komunikasi Tiongkok Huawei. JYP Entertainment menangguhkan semua aktivitasnya di Tiongkok untuk sementara waktu.

Pada tanggal 15 Januari 2016, sehari sebelum pemilihan umum Taiwan, pendiri JYP Entertainment Park Jin-young meminta maaf kepada media Tiongkok melalui akun Weibo-nya. Sementara itu, agensi juga merilis video yang menunjukkan Tzuyu membaca permintaan maaf.

“Hanya ada satu Tiongkok, kedua sisi selat itu satu, dan saya selalu merasa bangga menjadi orang Tiongkok. Saya merasa sangat menyesal kepada perusahaan saya dan kepada teman-teman Internet di kedua sisi selat atas luka yang telah saya sebabkan, dan saya juga merasa sangat bersalah,” bunyi permintaan maaf Tzuyu.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait