Birthday Spotlight: Happy Tzuyu Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member TWICE, Tzuyu yang berulang tahun pada, 14 Juni. Member tersebut berusia 22 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member dari TWICE, Tzuyu yang berulang tahun pada 14 Juni lalu. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi asal Taiwan ini.

Chou Tzu-yu atau yang dikenal secara luas sebagai Tzuyu, adalah seorang penyanyi Taiwan yang tinggal di Korea Selatan. Dia adalah anggota termuda dari girl grup TWICE, yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Tzuyu adalah satu-satunya anggota Twice dari Taiwan.

Terlepas dari aktivitas grupnya, Tzuyu menarik perhatian fans sejak debut karena visualnya yang mempesona. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pra-debut


Pra-debut

Tzuyu lahir di Distrik Timur Tainan, Taiwan pada 14 Juni 1999, dari pengusaha mandiri. Dia mulai menari sejak usia muda dan dilatih di akademi tari. Pada tahun 2012, Tzuyu ditemukan oleh pencari bakat di MUSE Performing Arts Workshop di Tainan, dan pindah ke Korea Selatan pada bulan November tahun itu untuk memulai pelatihannya.

Pada tahun 2016, Tzuyu lulus ujian di Sekolah Menengah Pertama Fusing Kota Tainan untuk mengesahkan pendidikan sekolah menengahnya. Ia bersekolah di SMA di Hanlim Multi Art School di Korea Selatan dan lulus pada Februari 2019.

Pada tahun 2015, Tzuyu berpartisipasi dalam acara televisi realitas Korea Selatan “Sixteen”, yang diselenggarakan oleh JYP Entertainment dan diproduksi bersama oleh Mnet. Sebagai salah satu dari sembilan peserta yang sukses, dia bergabung dengan girl grup baru TWICE. Berbeda dengan pemenang Sixteen lainnya, Tzuyu dipilih berdasarkan voting penonton.

2. Debut


Debut

Pada bulan Oktober 2015, Tzuyu secara resmi memulai debutnya sebagai anggota TWICE dengan album pertama mereka, “The Story Begins”. Singel utama "Like Ooh-Ahh" adalah lagu debut K-pop pertama yang mencapai 100 juta penayangan di YouTube. Sejak debutnya, dia juga tampil dalam iklan dan bekerja sebagai presenter untuk beberapa acara televisi musik.

Debut kelompok itu langsung menerima sambutan hangat, sementara album mereka memulai debutnya di nomor 4 di Tangga Album Gaon untuk minggu yang berakhir 24 Oktober sebelum memuncak di nomor 3 dua minggu kemudian, singel utamanya "Like Ooh-Ahh" mencapai kesuksesan moderat debut di nomor 22 Bagan Digital Gaon.

Seminggu setelah dirilis, single tersebut turun ke nomor 57 di situs musik terbesar Korea Selatan Melon, tetapi dari mulut ke mulut dari netizen mengenai promosi dan penampilan grup berikutnya, "Like Ooh-Ahh" mencapai 10 besar dari berbagai chart musik Korea termasuk Melon, Genie, dan Naver Music pada 15 November.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Tzuyu bersama TWICE naik ke puncak ketenaran domestik pada tahun 2016 dengan single mereka "Cheer Up", yang memetakan di nomor satu di Gaon Digital Chart, menjadi single dengan kinerja terbaik tahun ini. Mereka juga memenangkan "Song of the Year" di Melon Music Awards dan Penghargaan Musik Asia Mnet.

Single mereka berikutnya, "TT", dari EP ketiga mereka “Twicecoaster: Lane 1”, menduduki puncak tangga lagu Gaon selama empat minggu berturut-turut. EP ini adalah album girl grup Korea dengan penjualan tertinggi tahun 2016. Dalam 19 bulan setelah debut, Twice telah menjual lebih dari 1,2 juta unit dari empat EP dan album spesial mereka.

TWICE menjadi girl group Korea pertama yang mendapatkan sertifikasi platinum dari Recording Industry Association of Japan (RIAJ) untuk album dan CD single di tahun yang sama. Dua kali menduduki peringkat ketiga dalam kategori Artis Teratas dari Peringkat Akhir Tahun 2017 Billboard Jepang, dan pada 2019, mereka menjadi girl grup Korea pertama yang memulai tur dome Jepang.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Menurut survei musik tahunan Gallup Korea, Tzuyu adalah idola paling populer ketiga di antara orang Korea Selatan pada tahun 2016. Dia peringkat kesembilan dalam survei 2017 dan kedua belas pada 2018.

Pada tahun 2015, Tzuyu didapuk sebagai bintang iklan smartphone keluaran LG, U+ Dualphone Y6. Video teaser pendek dari iklan tersebut diunggah di YouTube, mendapatkan lebih dari 100.000 tampilan. Dalam video tersebut, Tzuyu mengungkap dua gambar dirinya yang kontras. Untuk menekankan kekuatan teknologi ponsel ganda Y6, ia menunjukkan sisi seksi dan murninya dengan mengubah penampilannya secara dramatis.

Pada tahun 2019, Tzuyu menduduki peringkat sebagai idola K-pop wanita terpopuler kedua dalam survei tentara yang melakukan wajib militer di Korea Selatan. Tzuyu telah menerima liputan positif untuk kecantikannya. Pada tahun 2019, Tzuyu menduduki peringkat sebagai pemilik wajah tercantik di dunia oleh TC Candler, sebuah grup yang telah melakukan pemeringkatan tersebut sejak tahun 1990.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada November 2015, Tzuyu muncul bersama TWICE di variety show “Korea My Little Television”. Dia memperkenalkan dirinya sebagai orang Taiwan dan memegang bendera Republik Tiongkok (Taiwan) di samping bendera Korea Selatan. Bendera Jepang juga dikibarkan, mewakili kebangsaan dari tiga anggota girl grup lainnya, Momo, Sana dan Mina Myoui.

Penyanyi kelahiran Taiwan yang berbasis di Tiongkok, Huang An, menggunakan akun Sina Weibo-nya dan menuduhnya sebagai aktivis kemerdekaan Taiwan. Hanya beberapa hari sebelum menarik perhatian Tzuyu, Huang menuduh aktor Hong Kong Wong He membuat komentar menghina tentang daratan China di Facebook. Wajah Wong kemudian diburamkan di Tiongkok Central Television yang dikelola pemerintah China dan Wong mengeluarkan permintaan maaf.

Pengguna internet Tiongkok Daratan bereaksi dengan marah terhadap tindakan Tzuyu, menuduhnya "mengambil keuntungan dari penonton Tiongkok daratan sambil memegang sikap pro-kemerdekaan". Segera setelah itu, Twice dilarang dari televisi Tiongkok dan Tzuyu ditarik keluar dari dukungannya dengan perusahaan komunikasi Tiongkok Huawei. JYP Entertainment menangguhkan semua aktivitasnya di Tiongkok untuk sementara waktu.

Pada tanggal 15 Januari 2016, sehari sebelum pemilihan umum Taiwan, pendiri JYP Entertainment Park Jin-young meminta maaf kepada media Tiongkok melalui akun Weibo-nya. Sementara itu, agensi juga merilis video yang menunjukkan Tzuyu membaca permintaan maaf.

“Hanya ada satu Tiongkok, kedua sisi selat itu satu, dan saya selalu merasa bangga menjadi orang Tiongkok. Saya merasa sangat menyesal kepada perusahaan saya dan kepada teman-teman Internet di kedua sisi selat atas luka yang telah saya sebabkan, dan saya juga merasa sangat bersalah,” bunyi permintaan maaf Tzuyu.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

TWICE sendiri baru saja kembali memanjakan fans dengan comeback yang mereka nantikan. Girl grup besutan JYP Entertainment itu akan merilis album barunya berjudul "Taste Of Love" dengan lagu utama "Alcohol-Free".

Diproduksi oleh Park Jin Young, “Alcohol-Free” adalah lagu musim panas yang memadukan genre bossa nova dan hip hop. Sesuai dengan tema musim panasnya, MV lagu ini juga mengusung konsep ceria berwarna-warni yang cocok dinimati saat musim panas.

Album ini, TWICE akan membawakan 7 lagu yakni “Alcohol-Free”, “First Time”, “Scandal”, “Conversation”, “Baby Blue Love”, “SOS” dan versi bahasa Inggris “Cry For Me”. Tak heran jika grup saat ini sedang disibukkan dengan kegiatan promosi.

You can share this post!

Related Posts