Pemkab Trenggalek Dorong Antusiasme Warga Ikuti Vaksinasi COVID-19 Dengan Hadiah Undian Kambing
pexels.com/Nataliya Vaitkevich/Ilustrasi
Nasional

Vaksinasi COVID-19 menjadi fokus utama pemerintah dalam menanggulangi pandemi agar bisa segera mencapai herd immunity. Dalam pelaksanaan vaksinasi massal di Trenggalek, Pemkab memiliki cara unik dalam mendorong antusiasme warganya.

WowKeren - Vaksinasi massal menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk menangani pandemi COVID-19. Hingga saat ini, pemerintah masih terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat Indonesia.

Meski demikian, tampaknya pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat Indonesia mengalami kendala. Adapun kendala tersebut adalah rasa takut akan efek samping dari vaksinasi COVID-19. Sehingga, banyak dari mereka yang memutuskan untuk tidak mengikuti pelaksanaan vaksinasi massal.

Menanggapi hal tersebut, rupanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek memiliki cara tersendiri yakni dengan memberikan hadiah seekor kambing dan ayam bagi masyarakat yang telah divaksin COVID-19. Hal ini dilakukan juga untuk percepatan vaksinasi agar bisa segera mencapai herd immunity atau kekebalan komunitas.

Kemudian, vaksinasi COVID-19 juga dilakukan dengan sistem drive thru atau layanan tanpa turun (lantatur). Adapun lokasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan lantatur yakni Pasar Pon Trenggalek, Pasar Bendorejo, dan area wisata Pantai Prigi. Vaksinasi COVID-19 dilakukan kepada sekitar 1.500 orang.


"Pelaksanaan vaksinasi massal ini kami mendapat dukungan dari kepolisian," terang Mochammad Nur Arifin selaku Bupati Trenggalek, Kamis (24/6). "Alhamdulillah, Pak Kapolda memberikan bantuan 10 ribu dosis yang akan kami suntikkan selama tiga hari ke depan."

Lebih lanjut, dalam mendorong antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19, Arifin memberikan undian berhadiah total 35 ekor kambing dan 80 ekor ayam. Adapun teknis pengundiannya adalah, para calon peserta terlebih dahulu mendaftar, kemudian mendapatkan sebuah nomor undian.

"Jika beruntung, bisa membawa pulang kambing atau ayam," lanjutnya. "Hadiah ini kami harapkan akan memberikan manfaat bagi masyarakat karena hewan ternak ini juga merupakan komponen ekonomi."

Di sisi lain, Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera menyampaikan dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal pihaknya juga melibatkan seluruh komponen Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing desa. "Jadi dengan sistem itu masyarakat yang ke sini sudah terdata dan dapat meminimalisir adanya kerumunan massa karena jam vaksin sudah kami bagi," jelas Dwiasi.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait