Hotel Tokyo Dikecam Usai Pisahkan Elevator Khusus Orang Jepang dan Pendatang Terkait Olimpiade
pixabay.com/Ilustrasi/nakataza02
Dunia
Kontroversi Olimpiade Tokyo

Pemberitahuan itu dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan langkah-langkah pencegahan corona menjelang Olimpiade. Meski demikian, pemberitahuan ini tak luput dari kecaman.

WowKeren - Sebuah hotel di Tokyo menuai kecaman akibat sebuah pemberitahuan yang mungkin bagi sebagian orang dianggap tak lazim. Sebuah hotel di pusat Tokyo telah memasang pemberitahuan "khusus Jepang" dan "khusus orang asing" di depan liftnya.

Pemberitahuan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan langkah-langkah pencegahan corona menjelang Olimpiade. Tak pelak pemberitahuan ini pun menuai kecaman. Menurut pejabat hotel, pemberitahuan itu kini sudah dihapus.

Pihak hotel menegaskan bahwa pemberitahuan tersebut bukan dimaksudkan sebagai bentuk diskriminasi, melainkan hanya untuk memisahkan arus pergerakan tamu terkait dengan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo dari tamu umum. Pernyataan itu dikeluarkan oleh salah satu pejabat pada hari Minggu (11/7).


"Kami meminta maaf karena telah menyebabkan kesalahpahaman," kata pejabat itu. Hotel di Chiyoda Ward itu dihujani kritik di media sosial yang mendiskriminasi warga negara asing setelah memposting pemberitahuan untuk membagi penggunaan empat lift menjadi dua unit untuk Jepang dan dua lainnya untuk orang asing.

Padahal kata para pejabat, langkah itu didasarkan pada pedoman yang diberikan oleh panitia penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade untuk mencegah penyebaran COVID-19. Beberapa orang yang ikut berpartisipasi dalam pertandingan dijadwalkan untuk menginap di hotel, yang terletak di dekat Gedung Diet dan Istana Kekaisaran.

Sementara itu, mulai hari ini, Tokyo telah memasuki status darurat COVID-19 keempat kalinya hingga 22 Agustus mendatang. Periode ini mencakup durasi Olimpiade Tokyo yang gelarannya masih tak lepas dari kontroversi.

Dengan langkah itu, pemerintah bertujuan untuk mengekang pergerakan orang selama Olimpiade Tokyo dan liburan musim panas, termasuk liburan "bon" Jepang pada pertengahan Agustus. Pertandingan Musim Panas tersebut akan dibuka 23 Juli dan berakhir 8 Agustus, dan diadakan secara tertutup di hampir semua tempat.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts