Pangeran William Kecam Rasisme Atlet Kulit Hitam Banjir Pujian, Publik Ingatkan Soal Meghan Markle
wikipedia.org
Selebriti

Tak hanya mengecam, melalui akun Twitter resmi milik Duke and Duchess of Cambridge, William menegaskan bahwa semua orang yang terlibat harus bertanggung jawab.

WowKeren - Pasca kekalahan final Euro 2020 Inggris dari Italia pada Minggu (11/7) malam waktu setempat, tiga pesepak bola kulit hitam dari negara itu menjadi sasaran pelecehan di media sosial. Hal itu terjadi usai Marcus Rashford, Jadon Sancho dan Bukayo Saka gagal mengeksekusi tendangan penalti di penghujung pertandingan.

Tak tinggal diam, Pangeran William pun menanggapi pelecehan itu. Ia mengatakan "muak" dengan pelecehan rasis yang mereka terima. Tak hanya mengecam, melalui akun Twitter resmi Duke and Duchess of Cambridge, William menegaskan bahwa semua orang yang terlibat harus bertanggung jawab.

"Sama sekali tidak dapat diterima bahwa para pemain harus menanggung perilaku menjijikkan ini," tulis William yang juga merupakan presiden Asosiasi Sepak Bola. "Itu harus dihentikan sekarang dan semua yang terlibat harus bertanggung jawab."

Langkah William pun banjir pujian. Kendati demikian, tak sedikit juga yang melayangkan kritik dan mengingatkan soal saudara iparnya, Meghan Markle. Ia dinilai tidak secara terbuka membela Markle yang biracial, dari pelecehan seksis dan rasis yang dia hadapi baik secara online maupun offline.


Pangeran William Kecam Rasisme Atlet Kulit Hitam Banjir Pujian

Twitter/AngryBlackLady

Sementara itu, keluarga Kerajaan juga menghadapi tuduhan rasisme. Pada bulan Maret, selama wawancara dengan Oprah Winfrey, Pangeran Harry berbicara tentang betapa menyakitkan ketika anggota keluarganya tidak akan berbicara atas nama Meghan.

"Ada banyak kesempatan bagi keluarga saya untuk menunjukkan semacam dukungan," kata Harry. "Anggota Parlemen, Konservatif dan Buruh wanita menyebut artikel dan berita utama yang ditulis tentang Meghan bernada kolonial."

"Namun tidak ada seorang pun dari keluarga saya yang angkat bicara selama tiga tahun itu," lanjutnya. "Dan itu menyakitkan."

Meghan dan Harry juga mengatakan bahwa seorang anggota kerajaan menyatakan "kekhawatiran dan percakapan" rasis tentang seberapa gelap kulit putra mereka sebelum lahir. Harry mengklarifikasi bahwa pernyataan tersebut tidak berasal dari Ratu Elizabeth II atau mendiang Pangeran Philip. Beberapa hari setelah itu, William mengatakan bahwa para bangsawan "sama sekali bukan keluarga rasis."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts