Anthony Fauci Soal Lonjakan Kasus COVID-19 di Banyak Wilayah: AS Berjalan ke Arah yang Salah
UPI/Stefani Reynolds
Dunia
Pandemi Virus Corona

Anthony Fauci, yang merupakan, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular itu memperingatkan ancaman terutama bagi orang yang tidak divaksinasi.

WowKeren - Dr Anthony Fauci mengatakan jika Amerika Serikat "berjalan ke arah yang salah" karena kasus COVID-19 tetap meningkat di seluruh penjuru negeri. Pernyataan itu ia sampaikan pada hari Minggu (25/7) saat tampil di State of the Union CNN.

Fauci yang merupakan direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular itu memperingatkan ancaman terutama bagi orang yang tidak divaksinasi. Banyaknya orang yang tidak divaksin dianggap turut memperparah penularan varian delta.

"Kami menuju ke arah yang salah," kata Fauci. "Jika Anda melihat kurva kasus baru dan, seperti yang Anda katakan dalam wawancara ini, itu termasuk yang tidak divaksinasi."

Ia menyoroti tingkat vaksinasi yang rendah, yang mana hal ini tidak sejalan dengan betapa cepatnya penularan varian delta. "Dan karena 50 persen negara yang tidak sepenuhnya divaksinasi, itu menjadi masalah, terutama ketika Anda memiliki varian seperti Delta, yang memiliki karakteristik luar biasa untuk dapat menyebar dengan sangat efisien dan sangat mudah dari orang ke orang," lanjutnya.


Diketahui, hanya 49,1 persen dari AS populasi sepenuhnya divaksinasi dan 56,8 persen telah menerima setidaknya satu dosis. Kasus baru harian juga meningkat di seluruh 50 negara bagian dalam tujuh hari terakhir, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Ketika ditanya tentang model oleh Pusat Pemodelan Skenario COVID-19 yang memproyeksikan bahwa Amerika Serikat dapat mencapai rata-rata 4.000 kematian per hari jika tingkat vaksinasi tidak membaik, Fauci menggemakan komentar yang sebelumnya dibuat oleh direktur CDC Rachel Walensky.

Ia mengatakan jika sebagian besar kematian kemungkinan besar akan terjadi di antara orang-orang yang tidak divaksinasi. "Jadi, ini adalah masalah sebagian besar di antara mereka yang tidak divaksinasi. Itulah alasan mengapa kami di luar sana terus memohon kepada orang-orang agar mau divaksin," sebutnya.

Fauci juga tengah berdiskusi dengan pemerintahan terkait pedoman tentang pemakaian masker untuk individu yang divaksinasi. Dia yakin mandat masker untuk orang yang divaksinasi adalah "keputusan lokal."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts