Eko Yuli Jadi Atlet Pertama RI Sabet 4 Medali Olimpiade, Jokowi Beri Apresiasi
Instagram/ekopower61
Nasional
Olimpiade Tokyo

Indonesia turut mengirimkan para atlet unggulannya di Olimpiade Tokyo 2020. Salah satu atlet RI menorehkan prestasi yang membanggakan, dan mendapatkan apresiasi dari Presiden Jokowi.

WowKeren - Olimpiade Tokyo 2020 yang dibuka pada 23 Juli lalu, tetap meriah meskipun dilaksanakan tanpa adanya penonton karena masih dalam pandemi COVID-19. Indonesia turut mengirimkan para atlet andalan untuk mengikuti perhelatan olahraga akbar dunia itu.

Sebelumnya, atlet angkat beban Windy Cantika Aisah (19) telah berhasil menyumbangkan medali pertama untuk Indonesia. Kini, salah satu atlet Indonesia yakni Eko Yuli Irawan turut menyumbangkan medali dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Eko menjadi atlet pertama RI yang berhasil menyabet medali selama empat kali berturut-turut di Olimpiade. Pada Olimpiade kali ini, Eko berhasil memperoleh medali perak.

Tampil dengan cukup baik di Tokyo International Forum pada Minggu (25/7), Eko mencapai total angkatan 302 kg. Dari angkatan snatch 137 kg dan 165 kg angkatan clean and jerk di kelas 61 kg.


Sebenarnya Eko bisa menyabet medali emas jika angkatan clean and jerk-nya tidak gagal. Pada angkatan pertama dengan 165kg, Eko melakukannya dengan sangat mulus. Akan tetapi saat berada pada angkatan kedua dan ketiganya dengan berat 177kg, ia mengalami kegagalan.

Terkait dengan keberhasilannya mendapatkan medali selama empat kali berturut-turut, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasinya. Jokowi turut memberikan ucapan selamat kepada Eko melalui akun Twitter resminya, @jokowi.

"Satu medali lagi dari Olimpiade Tokyo, siang ini dipersembahkan oleh Eko Yuli Irawan, lifter putra Indonesia. Eko meraih medali perak di kelas 61kg putra," tulis Jokowi, Minggu (25/7). "Sambil menunggu kabar baik selanjutnya, saya menyampaikan selamat kepada Eko Yuli Irawan."

Prestasi yang telah ditorehkan oleh Eko ini membuatnya menjadi salah satu atlet Indonesia yang paling sukses sepanjang keikutsertaan Indonesia di Olimpiade. Eko disebut menjadi satu-satunya atlet yang konsisten menyumbangkan medali untuk Tanah Air. Medali perak yang didapatkannya dari Olimpiade Tokyo 2020, merupakan yang keempat yang disumbangkannya setelah Olimpiade Beijing 2008.

Saat mengikuti Olimpiade Beijing 2008, Eko mendapatkan medali perunggu. Kemudian ia kembali mendapatkan medali perunggu di Olimpiade Inggris 2012. Selanjutnya, meraih medali perak saat tampil di Rio de Janeiro 2016.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts