Sindir ASN Bergaya Kolonial, Jokowi Tegaskan Tugas Utama Melayani Masyarakat Bukan Sebaliknya
Instagram/jokowi
Nasional

Masih sering dijumpai sikap arogan dari para oknum ASN terhadap masyarakat biasa. Atas sikap ini, lantas mendapatkan sindiran dari Presiden Jokowi dengan menyinggung tugas utama ASN.

WowKeren - Sikap arogan dari beberapa oknum aparatur sipil negara (ASN) kerap kali terjadi dan tersebar di sosial media. Para oknum ASN tersebut menganggap bahwa dirinya lebih tinggi kedudukannya dibandingkan dengan masyarakat biasa.

Terkait dengan hal itu, Presiden Joko Widodo, menyindir para oknum ASN yang bersikap arogan dengan menyebutnya bergaya kolonial. Lantas Jokowi menegaskan bahwa tugas utama dari ASN adalah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Ia pun juga menegaskan bukan hanya pejabat saja yang minta dilayani.

Sindiran itu dilayangkan Jokowi pada saat memberikan pengarahan dalam "Launching Core Values & Employer Branding ASN" yang digelar secara virtual pada Selasa (27/7) hari ini. "ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat kolonial dulu, itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi," tegas Jokowi.

Jokowi menerangkan bahwa ASN harus memiliki jiwa melayani untuk membantu masyarakat. Atas dasar ini lah, maka negara melengkapi kewenangan dan sumber daya yang diberikan kepada para abdi tersebut untuk membantu masyarakat.


Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan otoritas dan sumber daya tersebut harus digunakan secara akuntabel dan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara, serta kehidupan masyarakat yang harmonis. Selain itu, ASN diharuskan memegang teguh nilai dasar yang sama, baik abdi negara di lingkungan pusat maupun daerah.

Menurut Jokowi, nilai-nilai seperti itu, sangat penting untuk selalu dijaga dan diterapkan, terutama di era seperti sekarang. "ASN dosen, guru, jaksa, dokter, perawat, analisis kebijakan administrator, juga petugas satpol PP, harus memiliki nilai dasar yang sama, bahkan pegawai BUMN sebaiknya mempunyai proporsisi nilai rujukan yang sama," tandas Jokowi.

Terkait dengan sikap arogan dan semena-mena para oknum ASN sebenarnya sudah menjadi rahasia umum. Hal ini diketahui kerap kali terjadi di lapangan. Kebanyakan kasus, para oknum tersebut mempermasalahkan hal-hal kecil yang bisa dibicarakan secara baik-baik.

Meski demikian, masih banyak ASN yang menerapkan dasar-dasar tugas dari seorang abdi negara secara baik dan bijak. Akan tetapi, karena kesalahan segelintir orang, sedikit banyak mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap ASN.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts