Remaja Asal Pakistan Jadi Pendaki Termuda Taklukkan 2 Puncak Tertinggi Dunia Sekaligus
pixabay.com/Ilustrasi/lutz6078
Dunia

Shehroze Kashif, pemuda 19 tahun dari Lahore berhasil mencapai puncak K2 pada ketinggian 8.611 meter pekan lalu. K2 adalah puncak tertinggi kedua setelah Mount Everest.

WowKeren - Mendaki gunung tak hanya merupakan sebatas hobi bagi sebagian orang. Berhasil menaklukkkan puncak tertinggi dan mengibarkan bendera bisa menjadi hal yang diimpikan bagi pendaki, apa lagi puncak tertinggi di dunia.

Shehroze Kashif, pemuda berusia 19 tahun yang berasal dari kota timur Lahore di Pakistan, berhasil mencapai puncak K2 pada ketinggian 8.611 meter (28.251 kaki) pekan lalu. K2 adalah puncak tertinggi kedua setelah Mount Everest. Capaian ini menjadikannya pendaki gunung termuda di dunia yang mendaki gunung berbahaya itu, menurut Karrar Haidri, sekretaris Alpine Club of Pakistan.

Tentu saja, capaian itu tidak digapainya dengan mudah. Kepada Associated Press, ia mengatakan bahwa dirinya juga menghadapi banyak kesulitan.

"Saya menghadapi banyak kesulitan," ujar Kashif. "Saya tidak membawa porter dan membawa semua gadget dan barang bawaan saya sendiri."


Beruntung, dia menerima banyak bantuan dari Sherpa Nepal yang dikenal karena daya tahan mereka di ketinggian dan sering menjadi pemandu bagi pendaki gunung asing. K2 sendiri dikenal sebagai gunung liar. Terletak di Pegunungan Karakoram di Pakistan utara dekat perbatasan dengan Tiongkok, K2 dianggap sebagai gunung paling berbahaya di dunia bagi pendaki.

Sebagai orang yang telah berhasil menaklukkan K2, ia berbagi informasi bahwa gunung itu memiliki beberapa titik berbahaya di sepanjang rute menuju puncak, antara lain Chimney, Bottleneck, dan Shoulder. Lebih jauh, ia menyebut jika ia bekerja sama dengan manajemen gunung di Pakistan untuk menyukseskan pendakian itu.

Kashif sendiri memang memiliki hobi mendaki gunung sejak kecil. "Saya menerima pelatihan pendaki gunung dan bantuan teknis dan pindah ke gunung-gunung besar termasuk gunung-gunung berbahaya dan sulit seperti K2, Broad Peak dan Gunung Everest," ujarnya.

Pada bulan Mei, Kashif menjadi orang Pakistan termuda yang mendaki Gunung Everest. Haidri mengatakan dengan pencapaiannya saat ini, Kashif memegang kebanggaan sebagai orang termuda yang mencapai puncak K2 dan Everest.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait