Perban di Leher Kim Jong Un Picu Rumor Tumor, Mata-Mata Korsel Bongkar Fakta Ini
Dunia

Kim Jong Un tampil pada akhir Juli 2021 lalu dengan perban di leher, memicu kekhawatiran akan kondisi kesehatannya. Pasalnya sang kakek pernah memiliki benjolan di leher beberapa pekan sebelum wafat.

WowKeren - Kondisi kesehatan pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un, kembali menjadi spekulasi liar publik. Apalagi setelah Kim Jong Un tampak muncul di hadapan publik dengan leher yang terbalut perban.

Foto Kim Jong Un dengan perban ini pertama beredar saat ia menghadiri workshop militer pada 24 Juli 2021. Media MoneyToday, seperti dikutip UPI, melaporkan bahwa masyarakat Korea Selatan berspekulasi bahwa Kim Jong Un kemungkinan mengidap tumor di bagian belakang kepalanya.

Spekulasi ini didasarkan pada kakek Kim Jong Un yang juga memiliki benjolan seukuran bola kasti di lehernya beberapa pekan sebelum wafat pada 1994 silam. Sedangkan pada 2015 lalu, Kim Jong Un juga terlihat memiliki benjolan serupa di lehernya.

Namun semua spekulasi liar ini dibantah oleh mata-mata Korsel, sebagaimana diungkap ke publik oleh legislatif Rep. Ha Tae-Kyung. "Tidak ada tanda-tanda kelainan kesehatan. Juga tidak ada bekas luka," tegas mata-mata tersebut kepada legislatif Korsel, demikian disampaikan Ha Tae-Kyung, Selasa (3/8).


Bahkan setelah perban itu dibuka ketika mengunjungi Menara Persahabatan Tiongkok-Korea, mata-mata mengklaim tidak ada bekas luka apapun di area leher Kim Jong Un. "Rumor kesehatan Kim Jong Un tidak terkonfirmasi," demikian laporan mata-mata Korsel.

Media Korsel JoongAng Ilbo pada Selasa (3/8) juga mengklaim tidak ada luka yang terlihat leher Kim Jong Un setelah perban dibuka. Namun terdapat bekas luka sangat kecil berwarna hitam yang bisa dilihat ketika Kim Jong Un mengunjungi workshop militer beberapa hari setelahnya.

Spekulasi soal kondisi kesehatan Kim Jong Un memang kerap meramaikan pemberitaan internasional, ditambah dengan fakta bahwa adiknya, Kim Yo Jong, kini juga lebih banyak muncul di hadapan publik. Bahkan sosok Kim Jong Un pernah benar-benar menghilang dari muka publik dan Kim Yo Jong lah yang berkali-kali tampil memicu dugaan akan terjadi perubahan tampuk kepemimpinan.

Banyak pakar meyakini kondisi kesehatan Kim Jong Un sangat berimplikasi terhadap dua Korea. Sedangkan pada 2011 lalu ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il, diyakini meninggal akibat serangan jantung.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait