Peringati Bulan Lahir, Andien Ajak Bantu UMKM Terdampak Pandemi COVID-19 Lewat Cara Ini
Instagram/andienaisyah
Selebriti

Bertepatan dengan bulan lahirnya, Andien mengajak siapapun melakukan gerakan berarti. Miris melihat keadaan UMKM di masa pandemi COVID-19, begini cara Andien untuk membantu kelangsungannya.

WowKeren - Andien baru-baru ini menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi UMKM di luar sana yang terdampak pandemi COVID-19. Secara khusus, pelantun "Selamat Jalan Kekasihku" itu menyoroti UMKM yang dikelola oleh kaum wanita.

Melalui akun Instagram pribadinya, Andien mengajak semua orang untuk berempati terhadap UMKM yang kini sedang sulit bertahan. Sambil mengunggah foto anaknya bersama kain tenun dan beberapa potret tenunan, ia mengungkapkan keinginannya membantu orang lain di bulan lahirnya.

"Kawa, Maumere 2018. Kain yang terlilit di leher Kawa bagusnya bukan main ya? Ternyata di balik indahnya kain itu, ada tangan-tangan para perempuan yang menyisihkan waktunya berbulan-bulan. Mengorbankan waktu mereka bersama keluarga, bahkan mengorbankan waktu untuk dirinya sendiri," tulis Andien pada postingan Jumat (13/8).

Andien lantas menjelaskan bahwa para perempuan pembuat tenun hanyalah segelintir dari jutaan lainnya sebagai pelaku UMKM. Faktanya sejak pandemi COVID-19 menjangkiti Indonesia, roda penggerak perekonomian seperti UMKM terancam luluh lantak.

Berikutnya Andien mengatakan bahwa banyak perempuan pelaku UMKM kewalahan menjadi garda terdepan keluarga. Sehingga bebannya bertambah yaitu mencari nafkah dan mengurus keluarga, Yang semakin menyedihkan menurutnya yaitu sering kali aspek pekerjaan dan keluarga tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.


Selain itu, Andien menambahkan bahwa kondisi saat ini membuat mereka yang terpuruk semakin jatuh. Sementara yang berhutang semakin terbebani oleh timbunan utang. Banyak kondisi menyedihkan di sekitar kita seperti PHK, anak putus sekolah hingga bayi yang hanya diberi air dan gula.

"Itu hanya segelintir dari cerita di luar sana sebagai dampak dari kondisi ini terhadap UMKM Perempuan. Lalu kita bisa apa? Di bulan ulang tahunku ini, aku ingin sekali bisa bermanfaat bagi sesama perempuan," lanjut Andien.

Kemudian Andien mengungkapkan bahwa ia mengajak siapapun untuk berdonasi bersama dengan dirinya demi membantu UMKM perempuan agar bisa bertahan di masa sulit. Nantinya, bantuan yang diterima akan disalurkan untuk memborong produk para pedagang perempuan lantas dibagikan kembali.

"Aku ingin mengajak kalian semua berdonasi bareng aku untuk membantu UMKM perempuan supaya sama-sama berhasil melewati pandemi ini. Nantinya, bantuan kita semua akan disalurkan untuk borong dagangan para pedagang perempuan dan dibagikan lagi ke orang lain yang membutuhkan," paparnya.

Terakhir, Andien memberikan tautan di mana semua orang dapat menyalurkan bantuanya. Baginya, sedikit bantuan jika dari orang banyak dapat mengubah hidup sebuah keluarga di luar sana.

"Aku yakin, bahkan donasi seharga secangkir kopimu hari ini plus ongkirnya, mampu mengubah hidup seorang Ibu, sebuah keluarga, di luar sana. Ikut bergandengan tangan buat perempuan pelaku UMKM terdampak pandemi yuk," tutup Andien.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait