Masih Pandemi, Jokowi Sebut Bisa Kembali Sekolah Tatap Muka Jika Pelajar Sudah Divaksin COVID-19
AFP/Tang Chhin Shoty
Nasional

Hingga saat ini pembelajaran masih dilakukan secara daring. Sementara itu, pemerintah belum memberikan kepastian kapan sekolah tatap muka bisa diselenggarakan.

WowKeren - Pandemi COVID-19 telah berlangsung selama sekitar 1,5 tahun di Indonesia. Selama pandemi berlangsung, pemerintah menerapkan kebijakan yang membatasi mobilitas masyarakat, termasuk kegiatan sekolah.

Jika biasanya sekolah dilaksanakan secara tatap muka, namun selama pandemi berlangsung secara daring. Sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengatakan akan kembali membuka pelaksanaan sekolah tatap muka pada bulan Juli 2021.

Namun hingga Agustus 2021, pelaksanaan sekolah masih secara daring lantaran angka COVID-19 sempat melonjak. Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa sekolah bisa kembali dilaksanakan secara tatap muka apabila seluruh pelajar telah divaksinasi.

Mengenai pernyataan Jokowi itu, disampaikan pada saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar di Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Kamis (19/8) hari ini. Bahkan dalam peninjauannya itu Jokowi sempat melakukan telepon video atau video call dengan sejumlah sekolah di beberapa provinsi di Indonesia.


"Jadi semuanya, untuk semua pelajar di seluruh Tanah Air, kalau sudah divaksin silakan dilakukan langsung belajar tatap muka," terang Jokowi. "Karena kan SKB 3 Menteri sudah ada."

Sebagai informasi, Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yang menargetkan semua sekolah dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka pada Juli 2021. Adapun dalam SKB tersebut, baru akan terlaksana apabila proses vaksinasi terhadap guru dan tenaga pendidik selesai.

Akan tetapi, rencana tersebut batal terlaksana sebab kasus COVID-19 pada periode Juli hingga Agustus 2021 mengalami peningkatan. Kemudian dalam aturan baru, pelaksanaan sekolah tatap muka di wilayah yang tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3 bisa dilaksanakan secara terbatas.

Sedangkan untuk wilayah yang berada pada penerapan PPKM Level 4, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara daring. Jokowi pun berharap agar anak-anak dapat segera melaksanakan sekolah tatap muka.

Kendati demikian, Jokowi juga memperingatkan agar pihak sekolah dan terlibat betul-betul menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. "Oleh sebab itu, saya titip, pakai masker ini harus meskipun sudah divaksin, tetap karena yang namanya COVID-19 ini selalu bermutasi," tandas Jokowi.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait