Birthday Spotlight: Happy Ong Sung Woo Day
Selebriti

Untuk merayakan ulang tahun Ong Sung Woo yang jatuh pada Rabu (25/8) lalu, WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier mantan personel Wanna One tersebut.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun Ong Sung Woo yang jatuh pada Rabu (25/8) lalu, tim redaksi akan mengulas tuntas riwayat hidup dan perjalanan karier mantan member Wanna One tersebut.

Nama Ong Sung Woo tentu sudah tak asing di telinga penggemar K-Pop. Sejak debut di industri hiburan Korea Selatan 4 tahun lalu, jebolan "Produce 101" season 2 ini telah sukses mengembangkan kariernya. Karena tak hanya menekuni dunia musik, kini ia juga aktif sebagai aktor berbakat negeri ginseng.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Ong Sung Woo di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga saat ini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Sebelum terkenal seperti sekarang, idol kelahiran 1995 ini pernah melakukan beberapa pekerjaan paruh waktu. Mulai dari bekerja di kafe hingga menjadi model di beberapa kesempatan.

Namanya mulai dikenal luas saat berpartisipasi dalam program survival Mnet "Produce 101" season 2 sebagai perwakilan dari agensi Fantagio Entertainment. Selama berkompetisi, Ong Sung Woo beberapa kali memukau dewan juri karena kemampuan menyanyi dan menarinya yang mumpuni.

Tak hanya itu, sebab visualnya yang sangat rupawan juga berhasil memikat penggemar. Dengan "paket lengkap" tersebut, Ong Sung Woo akhirnya berhasil menduduki peringkat 5 dari 11 besar dan membuatnya masuk ke dalam line up debut Wanna One.

2. Debut


Debut

Ong Sung Woo resmi debut sebagai idol setelah Wanna One menggelar showcase di Gocheok Sky Dome, Seoul, pada 7 Agustus 2017. Pertunjukan ini dihadiri oleh sekitar 20 ribu orang dan tiketnya sangat diperebutkan.

Wanna One menjadi grup idol pertama yang melakukan debut di venue terbesar di Korea Selatan tersebut. Sebelumnya, artis besar seperti EXO dan BTS (Bangtan Boys) juga pernah melakukan konser di sana, namun tidak saat debut mereka.

Keesokan harinya, Wanna One merilis album mini debut yang bertajuk "1×1=1 (To Be One)" dengan single utama yang berjudul "Energetic". Sejak saat itu, Wanna One sukses menyedot perhatian penggemar K-Pop di seluruh dunia.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Puncak karier Ong Sung Woo dimulai begitu Wanna One debut. Lagu "Energetic" berhasil menduduki posisi pertama seluruh tangga lagu di layanan streaming Korea Selatan begitu dirilis.

MV "Energetic" juga ditonton hingga 4 juta kali dalam sehari penayangan, yang membuatnya jadi MV debut paling banyak disaksikan saat itu. Tak hanya itu, sebab penjualan album debut mereka telah melebihi satu juta copy.

Sejak saat itu perjalanan Wanna One terbulang sangat gemilang. Setiap lagu comeback-nya kerap menduduki posisi pertama dalam tangga lagu dan mereka menerima banyak sekali penghargaan.

Selama satu setengah tahun promosi, mereka menerima total 101 penghargaan untuk karya-karyanya. Piala tersebut termasuk yang mereka terima dalam program musik mingguan dan trofi dari ajang penghargaan. Sungguh jumlah yang luar biasa untuk masa promosi yang singkat.

Wanna One mengakhiri masa promosinya pada tanggal 31 Desember 2018. Mereka mengadakan konser terakhir yang bertajuk "Therefore" di Gocheok Sky Dome pada 24-27 Januari 2019.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Saat masih menjadi member Wanna One, Ong Sung Woo sering sekali melakukan aktivitas solo. Ia kerap diundang sebagai bintang tamu dalam beberapa acara televisi karena sifat humoris yang dimilikinya. Ong Sung Woo bahkan menjadi member tetap di program SBS "Master Key" dan menjadi MC untuk "Music Core".

Setelah Wanna One bubar, Ong Sung Woo yang pernah mengambil jurusan akting mulai merambah ke dunia seni peran. Meski sempat membintangi film pendek sebelum tenar, ia resmi debut sebagai aktor pada tahun 2019 lewat drama JTBC "At Eighteen".

Aktingnya dalam drama ini menuai banyak pujian, baik dari kalangan penggemar maupun ahli. Ia bahkan menerima beberapa penghargaan akting seperti Best New Actor dalam ajang Korea Drama Awards 2019, Rookie Actor Award dari Asia Artist Awards 2019, Most Promising Actor dari StarHub Night of Stars 2019 dan masih banyak lagi.

Sukses sebagai aktor tak lantas membuat Ong Sung Woo berhenti bermusik. Di tahun 2020, ia kembali sebagai penyanyi solo dengan merilis single berjudul "We Belong".

Lagu ini menjadi single digital kedua Ong Sung Woo usai bubarnya Wanna One. Perilisan solo pertamanya adalah "Heart Sign" yang merupakan proyek musik Pepsi pada bulan Juni 2019.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada tahun 2017, Ong Sung Woo sempat menjadi bahan perbincangan setelah foto-foto predebutnya beredar. Dalam foto tersebut, Ong Sung Woo terlihat berpose akrab dengan sejumlah wanita di sebuah tempat yang mirip dengan klub malam.

Foto-foto tersebut menjadi perbincangan netizen Korea Selatan di situs komunitas online. Ada yang mengkritik, ada pula yang membela karena wajar bagi orang dewasa untuk pergi ke sana.

Kontroversi berikutnya berkaitan dengan Wanna One. Pada tahun 2018, beredar video yang menunjukkan para member Wanna One berbicara kasar.

Video itu tanpa sadar terekam saat para member sedang bercanda, di mana sebagian dari mereka mengeluhkan soal gaji dan pekerjaannya. Kontroversi ini sempat membuat Wanna One menjadi bulan-bulanan netizen. Karena itulah mereka akhirnya mengeluarkan permintaan maaf.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Ong Sung Woo memiliki beberapa proyek masa depan yang patut di antisipasi. Pertama adalah drama KakaoTV yang berjudul "Shall We Have a Cup of Coffee?". Dalam drama ini Ong Sung Woo akan mengambil peran sebagai karakter utama bersama aktor senior Park Ho San.

Proyek berikutnya adalah sebuah film yang berjudul "Life is Beautiful". Film ini sebenarnya dijadwalkan tayang pada Desember 2020, namun mengalami penundaan karena pandemi virus Corona. Meski belum dipastikan tanggal tayangnya, "Life is Beautiful" rencananya akan dirilis tahun ini.

Selain itu, Ong Sung Woo juga akan membintangi film Netflix yang berjudul "Seoul Vibe". Dalam film ini dia akan beradu akting dengan sederet aktor ternama seperti Yoo Ah In, Go Kyung Pyo, Lee Kyu Hyung, Park Ju Hyun, Kim Sung Kyun dan masih banyak lagi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru