Rusa di Amerika Serikat turut Terpapar COVID-19
Unsplash/Scott Carroll
Dunia

Infeksi COVID-19 ditemukan pada rusa berekor putih liar di negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Departemen Pertanian AS (USDA) telah mengkonfirmasi kasus COVID-19 pada rusa tersebut.

WowKeren - Virus corona (COVID-19) tak hanya dapat menginfeksi manusia, namun juga hewan. Setelah ditemukan kasus COVID-19 pada anjing, kucing, cerpelai, dan singa, kini rusa juga turut terpapar virus tersebut.

Infeksi COVID-19 ditemukan pada rusa berekor putih liar di negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Departemen Pertanian AS (USDA) telah mengkonfirmasi kasus COVID-19 pada rusa tersebut.

USDA melaporkan rusa berekor putih di beberapa negara bagian AS seperti Michigan, Illinois, Pennsylvania, dan New York, telah terpapar COVID-19. Namun masih belum ada laporkan tentang rusa yang menunjukkan gejala infeksi.

Lantas, bagaimana virus corona bisa menginfeksi rusa? Diketahui, ada banyak rusa berekor putih di Amerika Utara.


Percobaan laboratorium menunjukkan bahwa rusa dapat terinfeksi dan menularkan virus ke rusa lain. Karena rusa hidup dalam kawanan kecil di alam liar, virus tersebut dapat menyebar secara alami dari hewan yang terinfeksi ke hewan lain.

Kepada Reuters, Juru Bicara USDA Lyndsay Cole menyatakan bahwa masih belum dipastikan bagaimana hewan-hewan tersebut bisa terpapar COVID-19. Menurutnya, virus itu bisa menyebar melalui kontak dengan manusia atau paparan lingkungan, rusa lain, atau spesies hewan lainnya.

Sebelumnya, kasus COVID-19 juga telah ditemukan di sejumlah singa dan kucing. Di Indonesia, kasus COVID-19 juga sempat ditemukan pada dua ekor Harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Sementara itu, kebun binatang di AS telah memulai program vaksinasi untuk menginokulasi hewan berisiko tertinggi terpapar COVID-19 demi menghindari infeksi. Vaksin yang digunakan adalah vaksin eksperimental yang telah disahkan oleh USDA.

Vaksin itu dikembangkan oleh perusahaan farmasi hewan bernama Zoetis. Adapun hewan yang divaksin antara lain harimau, beruang hitam, beruang grizzly, singa gunung, dan musang.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru