Rusa Liar di AS Terpapar COVID-19, Bagaimana Bisa Tertular?
Unsplash/Cindie Hansen
Dunia

Belum ada laporan gejala yang terjadi pada rusa yang telah terinfeksi. USDA melaporkan bahwa rusa berekor putih di beberapa negara bagian Amerika telah tertular COVID-19.

WowKeren - Virus corona memang mudah sekali menular. Penularannya tidak hanya di antara manusia, hewan pun bisa tertular virus ini.

Baru-baru ini Amerika Serikat mendeteksi rusa liar pertama yang terinfeksi virus ini. Menurut Reuters, rusa berekor putih liar di negara bagian Ohio menjadi kasus pertama penularan COVID-19 pada binatang ini. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Departemen Pertanian AS (USDA).

Rusa memang bukan satu-satunya hewan yang bisa tertular virus ini. Sebelumnya, sudah ada sejumlah laporan mengenai beberapa hewan yang terpapar virus ini mulai dari singa, anjing, kucing, dan cerpelai.


Hingga kini masih belum ada laporan mengenai gejala yang terjadi pada rusa yang telah terinfeksi tersebut. Menurut Breezy Scroll, USDA melaporkan bahwa rusa berekor putih di beberapa negara bagian Amerika telah tertular virus COVID-19. Adapun negara bagian yang dimaksud adalah Michigan, Illinois, Pennsylvania, dan New York.

Lalu di sini pertanyaannya adalah bagaimana rusa tersebut bisa terinfeksi? Menurut Nature ada banyak populasi rusa berekor putih di Amerika Utara. Percobaan yang telah dilakukan di laboratorium menunjukkan bahwa rusa dapat terinfeksi virus tersebut dan menularkan virus ke orang lain.

Penularan juga tak lepas dari cara hidup hewan ini. Rusa pada umumnya hidup dalam kawanan kecil di alam liar. Kondisi ini mendukung virus dapat menyebar secara alami dari hewan yang terinfeksi ke hewan lainnya. Kendati demikian, hingga kini masih belum bisa dipastikan bagaimana hewan-hewan itu terpapar virus. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh juru bicara USDA Lyndsay Cole.

Kepada Reuters, ia mengatakan bahwa ada beberapa jalan virus itu bisa menyebar. Yang pertama adalah melalui kontak dengan manusia maupun paparan lingkungan, kemudian dari rusa lain, atau spesies hewan lainnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru