Thailand Siap Mulai Uji Klinis Vaksin COVID-19 Berbasis Tanaman
AFP Photo
Dunia

Para peneliti mengatakan akan memulai uji klinis fase pertama vaksin yang diberi nama Baiya itu bulan ini. vaksin ini menggunakan tembakau jenis Australia.

WowKeren - Meski sudah ada sejumlah merek vaksin yang telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk digunakan melawan virus selama pandemi COVID-19, namun beberapa negara masih berusaha mengembangkan vaksin mereka sendiri. Salah satunya Thailand.

Vaksin yang tengah dikembangkan itu diberi nama Vaksin Baiya. Menariknya, vaksin ini dikembangkan dengan berbasis tanaman. Para peneliti mengatakan mereka akan memulai uji klinis fase pertama calon vaksin tersebut bulan ini.

Prof Waranyoo Phoolcharoen, salah satu pendiri dan chief technology officer (CTO) di Baiya Phytopharm Co, mengatakan uji coba pada manusia diharapkan dimulai setelah informasi terkait proses pembuatan ditinjau oleh Food and Drug Administration (FDA). Jika uji klinis berjalan sesuai rencana, produksi Vaksin Baiya untuk peluncuran massal kemungkinan akan dimulai pada pertengahan tahun depan.


Karena berbasis tanaman, vaksin ini menggunakan tembakau jenis Australia. Tembakau ini dipilih karena kandungan nikotinnya yang rendah di daunnya yang dipakai sebagai inang untuk membudidayakan protein rekayasa genetika. Papa peneliti kemudian mengekstrak protein dari daun dan menggunakannya untuk menghasilkan vaksin yang dapat merangsang antibodi untuk melawan COVID-19.

Asosiasi Prof Waranyoo mengatakan penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19 akan terus dilanjutkan dalam rangka memerangi varian virus. Baiya Phytopharm Co merupakan sebuah start-up di bawah program CU Enterprise. Tak hanya vaksin, perusahaan farmasi ini juga melakukan penelitian terhadap obat-obatan untuk meningkatkan keamanan kesehatan masyarakat di negara itu.

Suthira Taychakhoonavudh, yang juga merupakan salah satu pendiri dan kepala eksekutif Baiya Phytopharm Co, mengatakan Thailand memiliki potensi dalam mengembangkan penelitian vaksin. Dia mengatakan Baiya Phytopharm berencana untuk memproduksi vaksin Baiya generasi kedua untuk memberikan perlindungan yang lebih baik.

Namun, ia menggarisbawahi bahwa rencana itu akan bergantung pada hasil uji coba yang pertama. Vaksin Baiya direncanakan siap untuk meluncur pada kuartal ketiga tahun depan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru