Biaya Pembersihan Limbah Plastik Tahun 2019 Lebih Besar dari Pendapatan Domestik Bruto India
pixabay.com/Ilustrasi/RitaE
Dunia

Menurut laporan badan amal satwa liar WWF, polusi, emisi, dan biaya pembersihan plastik yang diproduksi pada 2019 saja bisa mencapai 3,7 triliun dolar Amerika Serikat.

WowKeren - Limbah plastik masih menjadi masalah bagi lingkungan. Proses penguraian yang memakan waktu amat lama membuat limbah ini lebih sulit untuk ditangani. Belum lagi ditambah dengan masalah lainnya termasuk polusi dan emisi.

Menurut laporan yang dirilis pada hari Senin (6/9) oleh badan amal satwa liar World Wildlife Fund for Nature (WWF), polusi, emisi, dan biaya pembersihan plastik yang diproduksi pada 2019 saja bisa mencapai 3,7 triliun dolar Amerika Serikat. Pada tahun yang sama, PDB India berada di sekitar 2,87 triliun.

WWF juga memperingatkan beban lingkungan maupun perekonomian yang diakibatkan oleh maraknya konsumsi plastik yang tampaknya murah. Ada peningkatan kekhawatiran internasional atas volume plastik berbasis bahan bakar fosil yang memasuki lingkungan. Pasalnya, mikroplastik telah menyusup bahkan ke wilayah paling terpencil dan paling murni di planet ini.

Plastik memang dianggap sebagai solusi yang praktis. Biaya plastik yang murah juga menjadi faktor material ini masih banyak digunakan.


"Plastik tampaknya menjadi bahan yang relatif murah ketika melihat harga pasar yang dibayar produsen plastik primer untuk plastik murni," kata laporan itu. "Namun, harga ini gagal untuk memperhitungkan biaya penuh yang dikenakan di seluruh siklus hidup plastik."

Jika kondisi ini terus berlanjut dan tidak ada tindakan internasional bersama untuk menanganinya, maka produksi plastik diproyeksikan akan melonjak dua kali lipat pada tahun 2040 mendatang. Ini akan menyebabkan biaya meroket menjadi 7,1 triliun dolar AS.

Analisis melihat faktor-faktor termasuk emisi gas rumah kaca dalam proses produksi, dampak kesehatan, pengelolaan limbah dan perkiraan pengurangan "jasa" ekonomi ekosistem di darat dan di air. Sejak 1950-an, sekitar 8,3 miliar ton plastik telah diproduksi dengan sekitar 60 persennya dibuang ke tempat pembuangan sampah atau ke lingkungan alam.

Fragmen kecil telah ditemukan di dalam ikan di relung terdalam lautan dan mencemari es laut Arktik. Puing-puing diperkirakan menyebabkan kematian lebih dari satu juta burung laut dan lebih dari 100.000 mamalia laut setiap tahun.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait