Mahfud MD Sebut Penyelenggaraan PON XX Sebagai Bukti Negara Tak 'Anak Tirikan' Papua
Instagram/mohmahfudmd
Nasional
PON XX Papua 2021

PON XX dan Peparnas Papua bakal digelar kurang dari satu bulan lagi, segala persiapan pun tengah dimatangkan oleh pihak penyelenggara. Mulai dari kesiapan prokes hingga keamanan kondisi di Papua.

WowKeren - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sebentar lagi akan diselenggarakan pada awal Oktober mendatang. Mengingat diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19, segala persiapan yang berkaitan dengan protokol kesehatan juga dimatangkan.

Mahfud MD selaku Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) menyebut bahwa penyelenggaraan PON XX tersebut sebagai bukti bahwa negara hadir di Papua. Seperti yang diketahui, selama ini, pemerintah kerap kali disebut "menganaktirikan" Papua.

"Dengan PON, pemerintah ingin agar di Papua, negara benar-benar hadir, sebagaimana hadir di daerah-daerah dan provinsi-provinsi lainnya," terang Mahfud saat membahas persiapan pelaksanaan PON XX dan Peparnas bersama sejumlah tokoh Papua dan Kemenpora, Selasa (7/9). "Kita maju bersama, torang bisa maju bersama."

Sementara itu, Mahfud dijadwalkan akan datang ke Tanah Papua dalam rangka persiapan PON XX pada pekan ini. Adapun tujuan dari kedatangannya ini untuk memastikan PON berjalan dengan baik, lancar, dan aman.


Lebih lanjut, Mahfud juga menuturkan bahwa dengan diselenggarakannya PON XX di Papua di tengah pandemi, diharapkan bisa menjadi momentum untuk mendorong kemajuan bersama di Papua. "Presiden sendiri yang menyatakan PON ini harus sukses, antisipasi semua persoalan dan persiapan semua kebutuhan," imbuhnya.

Di sisi lain, Ketua Persatuan Gereja-Gereja Papua (PGGP), Pendeta Maury menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan berharap PON XX bisa berlangsung aman, lancar, dan sukses. Ia juga mengimbau masyarakat untuk selalu hidup rukun.

"Mari kita rukun-rukun saja karena suksesnya PON ini harga diri bagi rakyat Papua, ini kepercayaan Tuhan melalui pemerintah kepada rakyat Papua yang harus dijaga baik," tegas Maury.

Sebelumnya, Mahfud telah menyatakan bahwa persiapan PON XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) telah mencapai 99 persen. Selain itu, ia juga menyatakan terkait kondisi di Papua juga telah aman.

Selaku penanggungjawab keamanan negara, Mahfud telah melakukan koordinasi secara rutin menjelang pelaksanaan PON XX dan Peparnas di Papua. Adapun pesta olahraga nasional itu digelar pada 2 hingga 15 Oktober 2021.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts