Denmark Jadi Satu-satunya Negara Eropa Tanpa Pembatasan COVID-19, Sertifikat Vaksin Tak Lagi Perlu
pixabay.com/Ilustrasi/ExplorerBob
Dunia

Salah satu negara Eropa Denmark, telah melakukan vaksinasi ke lebih dari 70 persen penduduknya. Hal ini membuat negara itu berani untuk mencabut pembatasan terkait virus corona.

WowKeren - Negara-negara di dunia tengah berlomba untuk melakukan vaksinasi ke semua warganya. Hal ini dilakukan sebagai langkah pertama untuk memulihkan perekonomian.

Salah satu negara Eropa Denmark, telah melakukan vaksinasi ke lebih dari 70 persen penduduknya. Hal ini membuat negara itu berani untuk mencabut pembatasan terkait virus corona.

Dengan begitu, Denmark telah menjadi satu-satunya negara Eropa yang tidak memberlakukan pembatasan terkait COVID-19. Tentu saja, pengembalian normal baru ini tidak dilakukan secara tiba-tiba namun secara bertahap.

Pada Jumat (10/9) pemerintah setempat mulai memberlakukan bahwa sertifikat vaksin digital sudah tak lagi menjadi syarat untuk masuk ke klub malam. Tentu saja, kemajuan ini sangat disambut antusias oleh warga setempat. Klaus Sylvester mengakui belajar dari rumah bagi anak-anaknya cukup melelahkan.


"Tahun-tahun yang sulit. Saya memiliki tiga anak dan kami telah menjalani homeschooling dan ini merupakan hari-hari yang sulit," ujarnya. "Rasanya begitu bebas ketika Denmark tidak lagi menerapkan pembatasan."

Pada Maret lalu, Denmark telah memperkenalkan paspor atau sertifikat vaksin sebagai bagian dari upaya untuk melonggarkan aturan yang dilakukan secara bertahap. Kemudian pada 1 Agustus, negara ini telah mencabut persyaratan izin COVID di museum dan acara dalam ruangan kurang dari 500 orang.

Lalu, sejak pertengahan Agustus warga yang menggunakan transportasi umum tidak perlu mengenakan masker. Pada Sabtu (11/9), Denmark akan menggelar konser yang menampung 50.000 orang di Kopenhagen, di mana tiketnya juga sudah habis terjual.

Denmark sendiri telah mencatat sekitar 500 kasus harian dengan tingkat reproduksi sekitar 0,7 sehingga hal ini membuat pihak berwenang yakin bahwa virus sudah terkendali di sana. Sebanyak 73 persen dari 5,8 juta penduduk telah divaksin penuh, dengan 96 persen dari mereka berusia 65 tahun ke atas.

Sebelumnya, Islandia juga telah mengambil langkah serupa. Negara itu pada Juni lalu telah mencabut semua pembatasan COVID-19 namun sayangnya kasus melonjak lagi sehingga memaksanya untuk menerapkan kembali pembatasan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru