Birthday Spotlight: Happy RM Day
Selebriti

Simak perjalanan karier RM dari pra debut hingga proyek masa depannya bersama BTS melalui rubrik Birthday Spotlight dalam rangka merayakan ulang tahun sang idol.

WowKeren - RM segera menginjak usia 27 tahun (28 tahun secara Korea) pada 12 September 2021. Bagi kamu yang penasaran dengan perjalanan karier leader BTS (Bangtan Boys) ini, simak rubrik Birthday Spotlight edisi RM berikut.

RM yang dulu menggunakan nama panggung Rap Monster merupakan salah satu idol paling populer masa kini. Selain kemampuan rapnya yang luar biasa, ia juga dikenal sebagai produser musik berbakat.


Sebagai leader BTS, RM selalu dikagumi karena pola pikirnya yang dewasa dan sikap bijaknya dalam menanggapi masalah. Kemampuan bahasa Inggris RM juga tak pernah gagal memukau banyak orang.

Nggak perlu berlama-lama, simak perjalanan karier RM dari pra debut hingga proyek masa depannya bersama BTS!

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

RM yang memiliki nama asli Kim Namjoon lahir pada 12 September 1994 di Dongjak-gu, Korea Selatan. Keluarganya pindah ke Ilsan-gu ketika ia berusia empat atau lima tahun. RM adalah sulung dari dua bersaudara dan memiliki seorang adik perempuan.

Sebagai seorang anak, RM sebagian besar belajar bahasa Inggris melalui menonton serial "Friends" dengan ibunya. Sebagai pelajar, ia aktif menulis puisi dan sering mendapat penghargaan atas tulisannya. RM memposting karyanya ke situs web puisi online selama kurang lebih satu tahun.

RM semakin tertarik untuk mengejar karier di bidang sastra tapi memutuskan untuk tidak melakukannya. Kemduian pada usia 11 tahun, RM menjadi tertarik pada musik hip-hop setelah mendengar "Fly" dari Epik High saat duduk di bangku kelas lima SD.

RM kemudian menulis lirik, menyatakan bahwa puisinya menjadi lirik ketika digabungkan dengan musik. Saat kelas satu SMP, RM mulai nge-rap di lingkaran hip-hop amatir lokal. Ia menjadi lebih aktif dalam kancah hip-hop bawah tanah Korea di bawah moniker "Runch Randa," merilis lagu dan kolaborasi dengan rapper lainnya, seperti Zico.

Di sekolah, RM mendapat skor di 1 persen teratas bangsa dalam ujian masuk universitas untuk bahasa, matematika, bahasa asing dan studi sosial. Ia juga memiliki IQ 148. Orangtua RM awalnya sangat menentang sang putra mengejar karier musik karena prestasinya di bidang akademik.

2. Debut


Debut

RM mengikuti audisi untuk Big Deal Records pada 2009, melewati babak pertama bersama dengan Samuel Seo tapi gagal di babak kedua karena ia lupa semua liriknya. Setelah audisi, Sleepy memberikan kontak RM pada produser Big Hit Entertainment, Pdogg.

RM ikut audisi Big Hit pada 2010 dan mendapatkan tawaran tempat dari Bang Si Hyuk di label rekaman. Tanpa sepengetahuan orangtuanya, RM langsung menerima tawaran itu. Interaksi tersebut menyebabkan Bang PD dan Pdogg memulai produksi grup hip hop, yang akhirnya menjadi BTS.

RM berlatih selama tiga tahun dengan Suga dan J-Hope. Selama tiga tahun masa pelatihannya, RM tampil di lima lagu pra-debut yang dikreditkan ke BTS pada tahun 2010 dan 2011. Pada 13 Juni 2013, RM memulai debutnya dengan BTS.

RM memilih nama Rap Monster sebagai nama panggung saat debut, berasal dari lirik lagu yang ia tulis dan terinspirasi oleh "Rap Genius" San E. RM mengadopsinya menjadi nama panggung karena merasa itu "keren." RM menggunakan nama panggungnya yang sekarang sejak 2018.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

RM mencapai puncak kariernya bersama BTS dua tahun setelah debut mereka. Saat itu grup yang dipimpin RM tersebut memecahkan rentetan kemenangan EXO dengan meraih kemenangan pertama untuk "I NEED U" dari mini album "The Most Beautiful Moment in Life, Part 1" di "The Show" SBS tepatnya pada 5 Mei 2015.

BTS mengekspresikan rasa terima kasih mereka dengan memposting foto mereka dan piala kemenangan pertama mereka di Twitter. "Terima kasih! Karena kami terlalu gugup, kami tidak tahu harus berkata apa. Terima kasih banyak, ARMY (fandom BTS) untuk kemenangan pertama kami. Semua orang bekerja keras. Kami akan benar-benar menjadi keren. Aku mencintai kalian," tulis BTS.

Pada 2017, BTS mulai dikenal dunia dengan tur konser "The Wings Tour" mereka. BTS menghadiri Billboard Music Awards ke-24 pada Mei dan memenangkan Top Social Artist, menjadi grup Korea pertama yang dianugerahi Billboard Music Award.

BTS semakin mendapat pengakuan dari dunia selama 2018 setelah merilis seri album "Love Yourself" diikuti tur dunia dengan tajuk yang sama. Tur konser "Love Yourself" berakhir pada Oktober 2019 dengan pencapaian luar biasa.

BTS bisa dibilang terus menduduki puncak kariernya hingga sekarang dengan segudang prestasi membanggakan di Korea dan dunia. Pada 2020, lagu mereka "Dynamite" sukses memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100, disusul oleh "Life Goes On," "Butter," dan "Permission to Dance."

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

RM bergabung sebagai pemain reguler di variety show "Problematic Men" pada 2015. Para anggota pemeran diberikan berbagai teka-teki dan masalah untuk dipecahkan dan diselesaikan dengan membicarakan pemikiran dan pengalaman mereka sendiri. RM meninggalkan acara setelah 22 episode karena tur dunia "Red Bullet" BTS di tahun yang sama.

Pada 17 Maret 2015, RM merilis mixtape solo pertamanya, "RM" yang menempati peringkat ke-48 di "50 Album Hip Hop Terbaik 2015" Spin. Mixtape tersebut menampilkan berbagai topik seperti masa lalu RM di lagu "Voice" dan gagasan bahwa "You're you and I'm me," ["Kamu adalah kamu dan aku adalah aku"] di lagu "Do You."

Kemudian pada 2018, RM merilis mixtape keduanya yang berjudul "Mono." Ia menjadi artis Korea pertama yang menduduki peringkat nomor satu di Emerging Artists Chart di Amerika Serikat. Mixtape kedua RM diterima dengan sangat baik. Lagu "Seoul" yang berisi tentang kenyamanan diproduksi oleh duo elektropop Inggris, Honne.

5. Kontroversi


Kontroversi

Sebagai idol K-Pop, RM belum pernah terlibat skandal kencan yang memicu kontroversi. Namun pada 2015, RM dituduh melakukan plagiarisme oleh beberapa pengguna Twitter. Mereka menuduhnya menggunakan dialog mereka dan mengklaimnya sebagai miliknya.

RM mengakui tuduhan dan mengklarifikasi bahwa itu adalah kesalahannya karena tidak mengkonfirmasi sumber aslinya. Ia merasa mendapat inspirasi untuk menulis lirik dari buku, film, wawancara, dan surat. Masalah ini diselesaikan secara damai dengan salah satu pengguna Twitter bahkan meminta maaf karena menyebabkan masalah yang tidak perlu.

Kemudian pada Oktober 2020, RM menuai kecaman dari publik Tiongkok atas pidatonya mengenai Perang Korea setelah menerima penghargaan untuk "kontribusi" BTS dalam mengintegrasikan hubungan Korea Selatan dan Amerika Serikat di Van Fleet Awards 2020.

Menurut laporan, penggemar Tiongkok segera membuat tren #BTShumiliatedChina (BTS menyinggung Tiongkok) di Weibo. BTS karena dianggap tidak memahami pengorbanan yang dilakukan oleh tentara Tiongkok selama perang. Akibatnya, produk Samsung, Hyundai, Fila yang mengontrak BTS sebagai bintang iklan, menghilang dari peredaran.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Belum lama ini BTS secara resmi membatalkan tur dunia "MAP OF THE SOUL" mereka. Keputusan diambil lebih dari setahun setelah mereka pertama kali mengumumkan penundaan tur konser karena situasi pandemi global COVID-19. Belum ada pengumumkan apakah mereka akan mengadakan putaran baru untuk tur konser dunia mereka.

BTS telah dijadwalkan mengisi sejumlah acara, termasuk Sidang Umum PBB yang diadakan di New York bulan ini. RM dan kawan-kawan juga akan kembali dengan "In the Soop" season 2, acara staycation seru bernuansa alam.

RM bersama BTS terakhir kali comeback merilis "Permission to Dance." Mereka diharapkan comeback dengan rilisan baru sekitar akhir tahun ini. RM juga dinantikan merilis mixtape ketiganya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait