Selandia Baru Hadapi Kasus COVID-19 Misterius, Auckland Tetap Terapkan Lockdown Ketat
NZ Herald/Michael Craig
Dunia
Pandemi Virus Corona

Selandia Baru mencatat 54 kasus COVID-19 baru selama akhir pekan, dan 33 kasus COVID-19 pada Senin (13/9). Sehingga total ada 955 kasus COVID-19 dalam wabah terbaru Selandia Baru.

WowKeren - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan lockdown ketat akan tetap diberlakukan di kota terbesar negara tersebut, Auckland, setidaknya selama satu minggu lagi. Adapun Selandia Baru kini tengah berjuang untuk membasmi wabah Varian Delta yang sangat menular.

Negara tersebut mencatat 54 kasus COVID-19 baru selama akhir pekan, dan 33 kasus COVID-19 pada Senin (13/9) hari ini. Dengan demikian, total ada 955 kasus COVID-19 dalam wabah terbaru Selandia Baru.

Para pejabat Selandia Baru juga tengah mengkhawatirkan sejumlah kasus COVID-19 misterius yang belum bisa dihubungkan dengan kasus lainnya. PM Ardern mengatakan meski tak ada penularan yang meluas di Auckland atau wilayah lain, kasus-kasus misterius tersebut mungkin mengindikasikan adanya rantai penularan di komunitas yang lebih luas.

"Fakta bahwa kami menemukan mereka melalui pengawasan dan pengujian komunitas, bukan melalui pelacakan kontak, itulah yang kami khawatirkan karena itu menimbulkan risiko," tutur Ardern.


Ardern menyatakan pembatasan Level 4 efektif dalam menghadapi wabah COVID-19. Namun ia juga menambahkan bahwa pekerjaan masih belum selesai.

"Level 4 tetap menjadi pilihan terbaik kami untuk mengalahkan Delta dan menahan virus pada tahap wabah ini," jelas Ardern. "Kami tidak ingin mempertaruhkan pengorbanan yang telah dilakukan semua orang dan semua kerja keras yang Anda lakukan, dengan pindah ke Level 3 terlalu cepat."

Lebih lanjut, PM Selandia Baru ke-40 tersebut berterima kasih kepada warga Auckland atas kewaspadaan mereka selama sebulan terakhir. Ardern memuji mereka telah melakukan pekerjaan luar biasa untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan komunitas.

"Faktanya, semua kerja keras Anda adalah alasan bahwa seluruh negara ini aman. Kami berhutang budi padamu," katanya. "Saya harap Anda tahu dan merasakan penghargaan besar yang kami miliki untuk Anda, dan kerja keras yang Anda lakukan saat ini."

Wilayah di luar Auckland akan tetap berstatus Level 2 dan tidak menerapkan lockdown. Namun beberapa pembatasan masih berlaku, seperti pembatasan perkumpulan dan aturan pemakaian masker.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts