Catat 15 Ribu Kasus Positif Dalam Sehari, COVID-19 Malaysia Tembus Angka 2 Juta
EPA/EFE
Dunia
Pandemi Virus Corona

Kementerian Kesehatan Malaysia total telah mengkonfirmasi 2.011.440 kasus positif virus corona (COVID-19) sejak awal pandemi hingga Selasa (14/9) hari ini.

WowKeren - Jumlah kumulatif kasus virus corona (COVID-19) Malaysia telah menembus angka 2 juta per Selasa (14/9) hari ini. Kementerian Kesehatan Malaysia telah mengkonfirmasi 2.011.440 kasus positif COVID-19 sejak awal pandemi hingga sekarang.

Malaysia mencatat 15.669 kasus COVID-19 baru pada hari ini. Angka tersebut menunjukkan tren penurunan kasus harian.

Berdasarkan sebarannya, Selangor mencatat kasus COVID-19 harian tertinggi dengan 2.632 kasus. Diikuti oleh Sarawak dengan 1.983 kasus dan Johor dengan 1.974 kasus. Sabah mencatat 1.784 kasus baru, Penang mencatat 1.651 kasus, dan Kelantan mencatat 1.406 kasus.

Di sisi lain, pemerintah negara bagian Penang mengusulkan uji coba pembukaan empat tempat wisata outdoor di tengah kasus harian yang masih berada di atas angka 1.000. Namun pengunjung yang diperbolehkan berwisata hanya mereka yang telah menerima vaksinasi COVID-19 secara penuh.

Ketua Komite Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yeoh Soon Hin mengatakan proposal telah diajukan ke Dewan Keamanan Nasional (NSC) untuk disetujui. Menurutnya, uji coba akan melibatkan empat lokasi wisata yang telah dipilih dan hanya dibuka selama tiga hari dalam seminggu.


"Ini hanya berlaku untuk pengunjung yang divaksinasi penuh yang telah memesan tiket mereka secara online sebelum kunjungan," katanya dalam sebuah pernyataan, melansir Malay Mail.

Yeoh mengatakan pengunjung di setiap situs akan dibatasi maksimal 30 orang dalam satu waktu yang bersamaan. Semua pengunjung juga diwajibkan mematuhi prosedur operasi standar (SOP) COVID-19.

Uji coba ini digelar atas kerjasama dengan Association of Tourist Attractions Penang (ATAP). Tujuannya adalah untuk menyempurnakan dan meningkatkan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata.

Empat lokasi wisata outdoor yang terlibat dalam uji coba ini adalah The Habitat, Tropical Spice Garden, Penang Tropical Fruit Farm dan Penang Bird Park. Yeoh mengatakan keempat objek wisata tersebut dipilih karena memiliki ruang terbuka yang luas sehingga memungkinkan jarak sosial dan ventilasi yang baik.

"Pengelola objek wisata juga harus bekerja sama dengan polisi dan pihak berwenang yang akan memantau uji coba ini," pungkasnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts