Psikolog Soroti Rekaman Dhena Devanka Pukuli Jonathan Frizzy, Sebut Ada Gangguan Mental
Instagram/dhenafrizzy
Selebriti

Begini pandangan piskolog melihat tindak KDRT yang dilakukan oleh seorang istri terhadap suaminya. Nana Gerhana M.Psi pun menjelaskan penyebab pelaku KDRT sampai tega menyakiti pasangannya.

WowKeren - Permasalahan rumah tangga Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka makin jadi konsumsi publik. Salah satunya yang membuat heboh adalah soal rekaman CCTV yang disebarkan oleh Benny Simanjuntak.

Di mana, dalam rekaman tersebut terlihat Dhena dengan ganasnya memukul, menonjok sampai menendang Jonathan Frizzy. Lantas bagaimana pandangan psikolog melihat fenomena Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) ini?

Nana Gerhana M.Psi dari RS Royal Progress pun menjelaskan hal yang tidak umum ini. Pasalnya, biasanya yang menjadi korban KDRT adalah pihak perempuan. Namun Nana menjelaskan penyebab seorang istri bisa sampai melakukan tindak kekerasan pada suami.

"Berdasarkan jurnal-jurnal psikologi kekerasan rumah tangga atau intimate partner violence berhubungan dengan kesehatan mental," kata Nana kepada InsertLive Selasa (28/9).


Nana tidak menjelaskan adanya perbedaan psikologis pada pelaku KDRT baik perempuan atau laki-laki. Pasalnya, siapa pun pelakunya tidak berdasarkan jenis kelamin erat terkait dengan kesehatan mental pelaku. "Jadi pelakunya biasanya punya problem dengan kesehatan mental," sambungnya.

Lebih lanjut, Nana membeberkan alasan pasangan suami istri yang masih bertahan meski sudah ada tindak kekerasan dalam rumah tangga mereka. Menurutnya, ada banyak hal yang dipikirkan keduanya sehingga memilih tidak berpisah.

"Dalam rumah tangga di budaya Indonesia, ada banyak alasan mengapa korban bisa berkali-kali mengalami hal serupa (KDRT) dan nggak pisah," pungkasnya. "Karena agama, anak, ketergantungan finansial, dan masih banyak lagi. Tidak dibawa ke ranah hukum karena malu serta menganggapnya aib."

Sayangnya, alasan-alasan ini justru membuat pasangan suami istri tersebut semakin terjebak dalam hubungan tidak sehat. Hal inilah yang menjadi perhatian para psikolog.

Sementara itu, Dhena Devanka sudah menjelaskan bahwa tindak kekerasan yang dilakukannya pada Jonathan Frizzy sangat beralasan. Sayangnya, ibu tiga anak itu tak menjelaskan secara detail. Ia hanya mengatakan bahwa dirinya juga mendapat perlakuan tak kalah kasarnya dari Ijonk.

(wk/lara)

You can share this post!

Related Posts