HITSfluencer : Falya Aqiela, Sukses Sulap TikTok jadi TeachTok!
Instagram/falyasekardina
Selebriti
HITSfluencer

Influencer satu ini sukses sulap TikTok jadi media edukasi matematika. Dikenal sulit, ini dia rahasia serunya belajar matematika ala Falya Aqiela.

WowKeren - TikTok banyak digunakan sebagai media hiburan terutama di masa pandemi saat ini. Namun, tidak banyak yang tahu jika ada banyak konten edukasi di TikTok. Salah satu konten kreator yang sukses dengan konten edukasinya adalah Falya Aqiela. Pemilik akun TikTok falyaaqiela itu terkenal berkat video tutorial mengerjakan soal-soal matematika.

Meski baru satu tahun eksis di TikTok, Falya telah berhasil menyulap TikTok menjadi media edukasi. Akun TikTok Falya kini sudah mempunyai lebih dari 716,3 ribu followers dengan 15,2 juta likes. Banyak orang merasa terbantu sekaligus terhibur karena konten Falya. Tidak berlebihan jika menjuluki akunnya sebagai TeachTok karena pencapaian ini.


Pendekatan video belajar yang fun menjadikan unggahan Falya sebagai pilihan tepat untuk belajar matematika. Sebut saja video tutorial mengubah satuan panjang versi Falya. Unggahan itu menjadi video Falya yang paling banyak ditonton. Hingga kini video tersebut sudah diputar lebih dari 10,5 juta tayangan. Keren kan?

Kepada HITSfluencer WowKeren, Falya secara eksklusif buka-bukaan tentang serunya belajar matematika. Penasaran seperti apa keseruannya? Simak kisahnya berikut ini.

(wk/wahy)

1. Sempat Coba Banyak Variasi Konten Demi FYP


Sempat Coba Banyak Variasi Konten Demi FYP
TikTok/falyaaqiela

Awalnya, Falya berambisi untuk menjadikan video miliknya FYP. Ia mencoba berbagai macam ide konten seperti unboxing dan review barang. Namun, kontennya masih kurang bersaing dibandingkan dengan kreator lain.

Tidak menyerah, Falya terus berinovasi. Hingga suatu ketika ia tidak sengaja melihat konten perkalian matematika yang dibuat orang lain. Merasa terinspirasi, Falya akhirnya memutuskan untuk membuat video matematika.

“Aku tertantang dong. Kayak gini aja aku juga bisa nih. Saat itu juga aku kebetulan tahu trik cepetnya. Terus abis itu aku coba bikin satu video itu dan ramai banget,” jelas Falya. “Dan akhirnya aku ngerasa kayak, oke kayaknya bisa dilanjutin.”

2. Pernah Kesulitan Belajar Matematika


 Pernah Kesulitan Belajar Matematika
TikTok/falyaaqiela

Meski dikenal jago, Falya ternyata pernah merasa kesulitan belajar matematika. Hal ini dialami Falya saat ia duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Beruntung, lewat bimbingan sang ibunda, Falya akhirnya mulai memahami konsep matematika.

“Kata mama aku sih, aku belum bisa, sedangkan harusnya sudah bisa ya di tingkat SD. Akhirnya aku lebih diajarin sama mama sih awalnya dari konsep-konsep matematika,” ungkap Falya. “Nah, semenjak itu aku suka.”

3. Ungkap Rahasia Besar Matematika


Ungkap Rahasia Besar Matematika
TikTok/falyaaqiela

Falya mengungkapkan banyak orang salah kaprah tentang matematika. Mereka menganggap matematika terlalu rumit karena punya banyak turunan rumus berbeda. Padahal hanya dengan memahami konsep, belajar matematika akan lebih mudah.

“Sebenarnya matematika itu kalau misalkan kita belajar dengan cara yang tepat gitu ya, itu jauh lebih apa ya, lebih enak sih menurut aku. Karena kita bisa belajar dari konsep-konsepnya. Jadi kita enggak harus menghafalkan rumus yang macam-macam kayak gitu.” jelas Falya.

4. Dukungan Followers Jadi Motivasi Konsisten


Dukungan <i>Followers</i> Jadi Motivasi Konsisten
TikTok/falyaaqiela

Saat ini Falya lebih memilih konten matematika dasar. Sesekali ia menjawab berbagai pertanyaan followers. Falya pun senang lantaran banyak followers yang mengirim pesan dan mengaku terbantu dengan video tutorialnya.

Tidak jarang, followers Falya iseng menanyakan pertanyaan kelewat gampang, misalnya hasil penjumlahan 1+1. Pertanyaan iseng itu pun dibalas Falya dengan cara unik. Ia menjabarkan proses penghitungan dengan rumus rumit. Video jawaban Falya sontak viral dan diputar hingga 5 juta tayangan.

Meski aktif berinteraksi dengan followers, Falya mengaku akun TikTok-nya sempat mengalami shadowbanned alias diblokir TikTok. Alhasil video Falya menjadi tidak muncul dalam FYP TikTok dan jumlah viewers Falya pun turun drastis. Meski sempat down, Falya kini mampu bangkit lagi berkat dukungan followers.

5. Tantangan Sampaikan Materi Satu Menit


Tantangan Sampaikan Materi Satu Menit
TikTok/falyaaqiela

Konsisten upload setiap hari membuat Falya selalu memikirkan konten. Baginya, tantangan terbesar adalah saat ia harus menyampaikan materi matematika secara utuh hanya dalam waktu maksimal 1 menit. Beberapa kali soal dari followers terpaksa tidak dijawab karena melebihi target durasinya.

“Aku sangat-sangat menghindari untuk memberikan video lebih dari satu menit. Karena yang pertama, waktu yang dihabiskan audiens untuk nonton pasti lebih lama dan aku yakin pasti bosan pasti,” ujar Falya. “Tapi kalau misalnya ada yang sulit tapi bisa disampaikan dalam satu menit, aku pasti bakal buat.”

Awalnya, Falya tidak menyangka disebut sebagai influencer. Namun saat ini ia ingin membangun personal branding sebagai influencer trik cepat matematika. Karena itu, Falya selalu berusaha memberikan trik cepat di setiap konten.

6. Tips Buat Video Edukatif dan Fun ala Falya


Tips Buat Video Edukatif  dan <i>Fun</i> ala Falya
TikTok/falyaaqiela

Membuat konten yang edukatif dan menghibur adalah tantangan besar bagi seluruh konten kreator. Awalnya, Falya terinspirasi dari konten kreator luar negeri untuk mengeksekusi videonya. Perlahan kini ia mengaku sudah menemukan formula yang tepat untuk kontennya.

Menggunakan backsound yang tepat adalah salah satu tips membuat video edukatif dan fun ala Falya. Selain itu, pembawaan dan penyampaian materi yang ceria juga harus dilakukan agar lebih dekat dengan followers.

“Jatuhnya lebih ke kayak biar mereka kesannya bukan diajari, tapi dikasi tahu aja dengan baik-baik. Kayak gitu. Aku ngerasanya mereka bakal lebih suka yang kayak gitu,” ungkap Falya.

7. Pesan Bagi Yang Ingin Belajar Matematika


Pesan Bagi Yang Ingin Belajar Matematika
TikTok/falyaaqiela

Bagi Falya, konsep adalah hal yang paling penting. Penekanan konsep membuat videonya jadi lebih dimengerti oleh followers-nya. Selain itu, ia juga berpesan untuk tidak memaksakan diri menyukai matematika.

Enjoy aja enggak usah dibawa stres. Jangan paksain diri untuk suka, tapi jadikan matematika itu pelajaran yang akan berguna suatu saat nanti,” jelas Falya. “Enggak harus suka tapi setidaknya minimal banget disaat ini kamu harus bisa.”

You can share this post!