Ramai Isu Rizky Billar dan Lesty Kejora Bohongi Publik, Ini Pandangan Gus Miftah Soal Nikah Siri
Instagram/awanpotret17
Selebriti

Gus Miftah memberi tanggapan soal maraknya kabar nikah siri. Gus Miftah mengklaim nikah siri yang diadakan secara sembunyi-sembunyi memang wajar terjadi.

WowKeren - Belakangan ini ramai perdebatan soal pernikahan siri Rizky Billar dan Lesti Andryani. Usai keduanya mengakui adanya pernikahan siri sebelum sah di mata negara, Billar dan Lesty mendadak diklaim telah melakukan pembohongan publik.

Bahkan sejumlah oknum mengatakan bakal melaporkan tindakan Billar dan Lesty ke pihak berwajib. Pasalnya, Lesty dan Billar disebut telah mempermainkan pernikahan hingga pembohongan publik.

Menariknya, Gus Miftah belum lama ini membahas soal pernikahan siri menurut pandangannya. Gus Miftah mengatakan jika pernikahan siri dan KUA hanya memiliki satu perbedaan saja.

"Bedanya cuman satu kalau nikah siri itu tata caranya sama kayak nikah KUA bedanya tidak tercatat dalam lembar hukum negara atau tidak tercatat di lembar kantor urusan agama," terang Gus Miftah kepada "Rumpi No Secret" Trans TV. "Kalau tata cara, syaratnya, rukunnya semua sama."

Gus Miftah pun seolah membenarkan jika pernikahan siri kebanyakan dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Ada beberapa faktor yang membuat kedua mempelai memutuskan untuk menikah siri ketimbang secara negara.


"Karena biasanya kalau siri itu tidak diketahui khalayak umum, tidak dipublish, sembunyi-sembunyi," beber Gus Miftah. "Biasanya belum siap dua mempelai ini soal resepsi dan lain sebagainya kemudian kedua biasanya para suami yang pingin nikah lagi."

"Dan saya punya prinsip, nikah itu ibadah, dan ibadah yang paling baik dilakukan sembunyi-sembunyi, hahaha enggak enggak," celetuk Gus Miftah.

Menurut Gus Miftah wajar bila pria dan wanita ingin menikah siri untuk menghindari fitnah. Pasalnya, kedua mempelai yang belum mengucap akad tak bisa dikatakan halal di mata Allah meski sudah ada ikatan pertunangan atau lamaran.

"Ya masuk akal, yang biasanya menjadi tujuan pelaku menikah siri itu halal di mata Allah," ungkap Gus Miftah. "Dua orang saling menyayangi mencintai, naik motor barengan, nonton bioskop barengan, ini kan walaupun dia tunangan walaupun udah dilamar tetep aja masih orang lain."

Itu mengapa, kebanyakan pasangan memilih untuk menikah siri terlebih dahulu. Sehingga terhindar dari dosa-dosa yang dilarang agama.

"Mangkanya kemudian diakali dengan nikah siri supaya kalau ada hal-hal yang diinginkan, kalau kemudian tujuannya menghindari perzinaan ya sah-sah saja kan itu halal di mata Allah," pungkasnya.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait