Disebut yang Paling Mematikan, Kebakaran Gedung 13 Lantai di Taiwan Tewaskan 46 Orang
AFP/Johnson Liu
Dunia

Penyelidik tengah mendalami laporan yang menyebut bahwa lusinan penduduk berpenghasilan rendah tinggal di beberapa lantai yang lebih tinggi, di antaranya ada orang tua dan penyandang disabilitas.

WowKeren - Sebuah insiden kebakaran gedung terjadi di Taiwan. Pada Kamis (14/10), gedung 13 lantai yang ada di distrik Yancheng di kota Kaohsiung, dilalap api. Menurut biro pemadaman setempat, kebakaran terjadi pada pukul l 2:54 pagi dan berhasil dipadamkan pada pukul 4:51 pagi.

Pihak berwenang mengatakan bahwa insiden tersebut telah menewaskan hampir 50 orang. Sedikitnya 46 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. 70 orang dilaporkan harus dilarikan ke rumah sakit. Insiden ini disebut-sebut sebagai insiden yang paling mematikan dalam beberapa dekade terakhir.

Para pejabat sedang bekerja untuk memastikan apakah masih ada orang yang terjebak di dalam gedung. Hingga kini, masih belum diketahui apa yang menjadi penyebab gedung itu bisa terbakar. Petugas pemadam kebakaran harus berjuang melawan api selama berjam-jam.

Investigasi pun dilakukan untuk mengusut insiden ini. Penyelidik tengah mendalami laporan yang menyebut bahwa lusinan penduduk berpenghasilan rendah tinggal di beberapa lantai yang lebih tinggi. Bahkan di antaranya merupakan orang tua dan penyandang disabilitas.


Tak cukup sampai di situ, laporan yang masuk juga menyebutkan bahwa bangunan itu populer di kalangan penghuni liar. Diketahui, bangunan itu merupakan yang terbesar ketiga di Kaohsiung.

Enam lantai pertamanya adalah untuk kegiatan komersial dan menampung teater, namun telah dibiarkan menganggur selama beberapa waktu. Sedangkan lantai tujuh ke atas adalah tempat tinggal dan ada 120 keluarga yang tinggal di sana.

Kebakaran ini bukan yang pertama kalinya terjadi pada gedung tersebut. Sebelumnya, sempat terjadi kebakaran pada tahun 1999 dan sejak saat itu kondisi bangunan mulai memburuk dan ada bagian-bagian yang tetap dibiarkan kosong. Restoran, lounge, dan bioskop pernah menempati gedung ini pada masa jayanya.

Sedangkan gambar bangunan yang lebih baru menunjukkan kondisi keamanannya yang berbahaya. Di antaranya termasuk saluran listrik yang terbuka, puing-puing, dan saluran air yang runtuh.

Kebakaran serupa sebelumnya juga pernah terjadi di belahan bumi lain. Pada tahun 2016 sebuah kebakaran terjadi di "gedung hantu" di Oakland, California. Insiden nahas tersebut menewaskan 36 orang.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts