Eks Presiden AS Bill Clinton Dirawat di Rumah Sakit, Jubir Ungkap Bukan Karena COVID-19
AP Photo/Kevin D. Liles
Dunia

Menurut juru bicara Bill Clinton, pria berusia 75 tahun tersebut dirawat di University of California Irvine Medical Center karena infeksi yang tidak terkait dengan COVID-19.

WowKeren - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton dirawat di rumah sakit California Selatan pada Selasa (12/10). Menurut Angel Ureña selaku juru bicara Clinton, pria berusia 75 tahun tersebut dirawat di University of California Irvine Medical Center karena infeksi yang tidak terkait dengan COVID-19.

"Dia dalam pemulihan, dalam semangat yang baik dan sangat berterima kasih kepada para dokter, perawat, dan staf yang memberinya perawatan yang sangat baik," ujar Ureña pada Kamis (14/10).

Jubir Clinton juga mengutip pernyataan Dr. Alpesh Amin dan Dr. Lisa Bardack terkait kondisi suami Hillary Clinton tersebut. Clinton disebut telah "diberi antibiotik dan cairan IV".

"Setelah dua hari perawatan, jumlah sel darah putihnya menurun dan dia merespons antibiotik dengan baik," kata para dokter. "Tim medis yang berbasis di California terus berkomunikasi dengan tim medis Presiden yang berbasis di New York, termasuk ahli jantungnya. Kami berharap dia segera pulang."


Diketahui, Clinton telah menghadapi masalah kesehatan pasca ia meninggalkan Gedung Putih pada tahun 2001 silam. Pada tahun 2004, Clinton menjalani operasi bypass empat kali lipat setelah mengalami nyeri dada yang berkepanjangan dan sesak napas.

Setelah itu, ia kembali ke rumah sakit untuk menjalani operasi paru-parunya yang kolaps sebagian pada tahun 2005. Lalu ia harus memasang sepasang stent di arteri koroner pada tahun 2010.

Clinton lantas menganut pola makan vegetarian yang membuat berat badannya menurun dan ia juga dilaporkan mengalami peningkatan kesehatan. Ketika istrinya maju dalam Pilpres AS 2016 melawan Donald Trump, Clinton yang saat itu berusia hampir 70 tahun kembali ke jalur kampanye.

Menurut laporan CNN, Kantor Clinton mengatakan dia berada di California untuk acara pribadi untuk yayasannya dan merasa lelah pada hari Selasa hingga akhirnya ia dirawat di rumah sakit untuk pengujian. Para dokter mengatakan dia ditempatkan di ICU untuk privasi dan keamanan, bukan karena dia membutuhkan perawatan intensif.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait