Qatar Gandeng FIFA Evakuasi Pemain Sepak Bola Wanita dari Afghanistan
Dunia

Rombongan itu diterbangkan dari Kabul ke Doha dengan penerbangan yang membawa 357 penumpang pada Kamis (14/10). Di antara mereka banyak atlet sepak bola wanita.

WowKeren - Qatar telah berkoordinasi dengan FIFA untuk mengevakuasi para pesepakbola dari Afghanistan. Gelombang evakuasi itu mengangkut hampir 100 atlet dan keluarga mereka, sebagaimana dikatakan oleh pejabat di Doha.

Rombongan itu diterbangkan dari Kabul ke Doha dengan penerbangan yang membawa 357 penumpang pada Kamis (14/10). Di antara mereka banyak atlet wanita yang terlibat dalam sepak bola di Afghanistan. Adapun gelombang ini merupakan penerbangan evakuasi ke delapan sekaligus yang terbesar yang dilakukan Qatar sejak Agustus lalu, ketika kelompok militan Taliban menguasai pemerintahan Afghanistan.

Penumpang yang tiba di Qatar kemudian diangkut ke fasilitas kompleks yang saat ini menampung warga sipil dan pengungsi Afghanistan lainnya di barat Doha. Mengonfirmasi bahwa pihaknya berperan dalam proses evakuasi atlet beserta keluarga mereka, FIFA mengatakan telah "mengikuti negosiasi yang rumit" dan melakukannya dengan dukungan dari Qatar.

FIFA mengatakan bahwa para atlet sepak bola ini dianggap memiliki risiko paling tinggi sebelum diterbangkan ke ibukota Qatar. Terutama pesepakbola wanita, yang telah bersembunyi sejak Taliban berkuasa di Afghanistan pada Agustus.


Sejumlah pemain junior telah berhasil melarikan diri ke Pakistan. Beruntung, mereka kini telah diberi visa untuk memulai hidup baru di Inggris. Ketika Taliban berkuasa sebelumnya, wanita tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga.

"Pimpinan FIFA telah berkoordinasi erat dengan pemerintah Qatar sejak Agustus untuk mengevakuasi kelompok tersebut," ujar FIFA. "Dan akan terus bekerja keras untuk evakuasi yang aman bagi anggota keluarga olahraga lainnya di masa depan."

Lebih jauh, FIFA mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Qatar atas dukungannya terhadap atlet mereka. Kantor Komunikasi Pemerintah Qatar mengatakan para pengungsi akan mendapat akses ke pengujian COVID-19. Mereka juga akan tetap berada di Doha sampai berangkat ke tujuan akhir mereka.

"FIFA ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada pemerintah Qatar atas dukungannya memfasilitasi diskusi ekstensif," kata federasi sepak bola tersebut. "Dan untuk memastikan perjalanan yang aman dari orang-orang ini."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait