Jokowi Urutan ke-13 Muslim Berpengaruh Dunia 2022, 2 Ulama Top RI Masuk 50 Besar
Instagram/jokowi
Nasional

Situs The Muslim 500 merilis nama-nama Muslim Berpengaruh Dunia 2022. Termasuk di dalamnya Presiden Joko Widodo yang masuk di urutan ke-13, diikuti oleh 2 kyai besar Indonesia lain.

WowKeren - Nama Presiden Joko Widodo kembali ditetapkan sebagai salah satu dari Muslim berpengaruh di dunia. The Royal Islamic Strategic Studies Centre dari themuslim500.com memasukkan nama Jokowi di urutan ke-13 Muslim Berpengaruh Dunia Tahun 2022.

Situs tersebut mengulas sepak terjang Jokowi hingga kini ditetapkan sebagai RI 1. Secara spesifik, mereka menyoroti Jokowi yang mempromosikan citra politikus sukses dan "bersih" hingga kebudayaan blusukan.

"Widodo pernah menjadi Wali Kota Surakarta sebelum menjadi Gubernur Jakarta pada September 2012. Dia mendorong reputasi sebagai politikus 'bersih', jauh dari tudingan korupsi dan nepotisme yang selama ini banyak menjerat politikus," tulis themuslim500.com, dikutip pada Selasa (19/10).

Situs tersebut juga menyoroti kebiasaan Jokowi dalam melakukan blusukan. "Presiden Widodo dikenal dengan kunjungan mendadak untuk melihat dan mendengar secara langsung dari komunitas lokal. Ini memberikannya kesempatan untuk mendengar keluhan dan kritikan masyarakat secara langsung, sekaligus mengembangkan kedekatan personal yang kuat dengan publik," imbuhnya.


Meski demikian, situs juga memetakan bagaimana masa depan Jokowi ke depan. Ia mengapresiasi Jokowi yang masih menunjukkan citra sebagai politikus bersih, namun situs tersebut juga menggarisbawahi penanganan wabah COVID-19 di Indonesia.

"Walaupun pertumbuhan ekonomi tidak sesuai yang diharapkan, investasi yang kuat di infrastruktur dan layanan sosial memastikan Widodo masih menikmati dukungan kuat. Widodo masih dilihat sebagai pimpinan yang jujur dan secara sukses menyelenggarakan Asian Games 2018 di Jakarta," jelasnya.

Mereka menilai Indonesia sempat terlambat menyadari urgensi dari wabah COVID-19. "Pembatasan sosial terlambat diterapkan, terutama karena ukuran negara yang terhitung besar. Sekitar 15 persen populasi saat ini sudah divaksin," tuturnya.

Selain Jokowi, situs tersebut juga memasukkan beberapa nama besar Indonesia lain sebagai Muslim Berpengaruh Dunia 2022. Seperti Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj berada di urutan ke-22, diikuti Habib Luthfi bin Yahya yang berada di posisi ke-32.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts