Salah Satu Gunung Vulkanik Terbesar Dunia Mt. Aso Di Jepang Erupsi, Tidak Ada Korban Jiwa
Kyodo
Dunia

Gunung Aso adalah gunung berapi aktif terbesar di Jepang sekaligus sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Gunung ini memiliki banyak pemandian air panas di sekitarnya

WowKeren - Gunung Aso yang terletak di Kyushu mengalami erupsi pada Rabu (20/10) pukul 11:43 waktu setempat. Badan Meteorologi Jepang (JMA) melaporkan jika selama erupsi, puncak gunung memuntahkan abu setinggi 3,5 kilometer.

Gunung Aso merupakan tujuan wisata utama di pulau Kyushu. Erupsi mendorong para pejabat untuk memperingatkan orang-orang agar menghindari ancaman aliran lava dan batu yang jatuh. JMA pun menaikkan status siaga untuk gunung ini menjadi 3 dari skala 5.

Warga diperingatkan untuk tidak mendekat dan waspada terhadap risiko blok vulkanik besar dan aliran piroklastik dalam radius sekitar 1 km (0,6 mil) di sekitar kawah gunung Nakadake. JMA juga mengatakan bahwa aliran piroklastik dapat melebar ke area dalam jarak sekitar 2 km (1,24 mil).


Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat insiden ini. Kyodo News melaporkan ada 16 orang pendaki pada saat insiden terjadi namun mereka tidak mengalami cedera, kata pihak berwenang. Kemudian, NHK juga melaporkan bahwa badan tersebut memperingatkan orang-orang tentang kemungkinan abu besar.

Sementara itu, kota terdekat dengan gunung ini adalah Aso yang berpenduduk 26.500 orang. Sebelum ini, Gunung Aso sempat mengalami erupsi pada tahun 2019 lalu, namun dalam skala kecil. Sementara itu, bencana vulkanik terburuk di Jepang dalam hampir 90 tahun pernah terjadi pada tahun 2014 ketika erupsi Gunung Ontake menewaskan 63 orang.

Di Jepang sendiri ada banyak gunung berapi yang masih aktif. Jumlahnya mencapai 110 dan 47 di antaranya dipantau secara konstan. Selain ancaman gunung berapi, Jepang juga menjadi salah satu negara paling aktif secara seismik di Bumi. Sekitar 20 persen dari gempa bumi berkekuatan 6 atau lebih besar di dunia dilaporkan terjadi di Jepang.

Sementara itu, Gunung Aso adalah gunung berapi aktif terbesar di Jepang sekaligus sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Mengingat Aso adalah gunung berapi, maka banyak terdapat pemandian air panas di sekitarnya sehingga tak ayal jika hal ini menarik banyak minat wisatawan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru