Kala Jokowi Berbicara Soal Ketersediaan Vaksin COVID-19 RI: Ratusan Juta Dosis Telah Kita Dapatkan
Instagram/jokowi
Nasional

Salah satu upaya pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 adalah melaksanakan vaksinasi. Presiden Jokowi mengungkapkan terkait upaya RI dalam mengamankan pasokan vaksin COVID-19.

WowKeren - Vaksinasi COVID-19 hingga saat ini masih menjadi langkah yang dinilai efektif dalam melawan pandemi. Pemerintah Indonesia pun sejak pandemi COVID-19 mulai menyerang Tanah Air, sudah berupaya untuk bisa mendapatkan pasokan vaksin bagi masyarakat.

Presiden Joko Widodo pun berbicara mengenai langkah Indonesia dalam memperoleh dan mengamankan dosis vaksin COVID-19. Jokowi menyebut bahwa Indonesia bergerak mencari jalan untuk mendapatkan pasokan vaksin COVID-19 sejak masih dalam tahap penelitian.

"Saat pandemi baru saja menjangkau Indonesia tahun lalu, pemerintah bergerak mencari jalan untuk mendapatkan vaksin yang bahkan masih dalam penelitian," tulis Jokowi dalam akun Instagram resminya, @jokowi, Senin (25/10). "Ketika vaksin Covid-19 akhirnya diluncurkan oleh beberapa perusahaan farmasi dunia, Indonesia telah mendapatkan komitmen untuk menerimanya."


Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan bahwa hingga Senin (25/10) hari ini, sudah ada ratusan juta dosis vaksin COVID-19 dalam bentuk bahan baku dan jadi telah diterima Indonesia. " Ada yang langsung, ada yang dalam kerangka kerjasama dengan lembaga dunia, juga ada yang berupa bantuan dari negara sahabat," ungkap Jokowi.

Jokowi lantas menjelaskan bahwa dosis vaksin COVID-19 yang telah didapatkan dari beberapa sumber itu langsung didistribusikan ke seluruh pelosok negeri agar masyarakat Indonesia bisa segera terlindungi. Selain upaya vaksinasi COVID-19, pemerintah juga menekankan agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Menurut Jokowi, vaksinasi COVID-19 dan segala kebijakan mengenai penerapan prokes kepada masyarakat Indonesia itu merupakan langkah untuk bisa segera mengakhiri pandemi. "Vaksinasi massal dan kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan sejauh ini adalah upaya maksimal kita mengakhiri pandemi ini," tandas Jokowi.

Dari unggahan Jokowi di Instagram itu, dapat dilihat jumlah perolehan vaksin COVID-19 di Indonesia. Total vaksin secara keseluruhan yang telah diterima adalah sebanyak 280.527.920 dosis.

Adapun vaksin COVID-19 itu di antaranya adalah Sinovac sebanyak 219.676.280 dosis, AstraZeneca 28.190.720 dosis. Kemudian, Sinopharm sebanyak 8.450.000 dosis, Moderna 8.000.160 dosis, serta Pfizer 15.710.760 dosis.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru