Warga Dengar Dentuman Besar, Tabrakan LRT Jabodebek Diduga Karena Langsiran Terlalu Cepat
Twitter/seatodaynews
Nasional

Warga di Gang Gotong Royong, Munjul, Jakarta Timur, mengaku mendengar dentuman keras saat insiden tabrakan dua rangkaian kereta ringan LRT Jabodebek terjadi pada Senin (25/10).

WowKeren - PT INKA selaku operator buka suara atas insiden tabrakan dua rangkaian kereta ringan LRT Jabodebek di ruas Munjul, Jakarta Timur, pada Senin (25/10). Menurut Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro, tabrakan tersebut diduga terjadi karena langsiran terlalu cepat.

"Trainset 29 yang posisi pagi jadi masih di tengah-tengah karena kan rangkaian ini tersebar rangkaian trainset 29 di tengah-tengah terus diambil satu per satu, pas mau ke trainset 20 itu, saat trainset 29 mau gabung ke arah Harjamukti terjadi tumbukan," papar Budi dalam jumpa pers. "Ini terindikasi nanti KNKT yang menentukan, terindikasi langsiran yang terlalu cepat."

Sebagai informasi, langsir adalah pergerakan rangkaian kereta, gerbong, atau lokomotif untuk berpindah jalur rel. Menurut Budi, tabrakan tersebut melibatkan trainset 20 dan trainset 29 LRT Jabodebek.

Adapun kecelakaan ini terjadi di antara Stasiun Ciracas dan Stasiun Harjamukti. Akibat kecelakaan ini, seorang masinis mengalami luka ringan meski masih sadarkan diri.

"Masinisnya Alhamdulillah tidak apa-apa, luka ringan. Masih sadar," ungkap Budi.


Budi juga meminta maaf kepada semua pihak atas insiden ini. "Saya atas nama Dirut dan Direksi PT INKA memohon maaf kepada semua pihak," tutur Budi.

Di sisi lain, warga di Gang Gotong Royong, Munjul, Jaktim, mengaku mendengar dentuman keras saat insiden terjadi. Salah seorang warga bernama Ani mengaku dentuman terdengar sekitar pukul 13.00 WIB.

"Suaranya 'dhuar' gitu, Kencang. Saya awalnya enggak tahu suara apa, tapi katanya kereta LRT tabrakan," ungkap Ani kepada CNN Indonesia. "Dan benar, gerbong kereta tabrakan."

Rumah Ani sendiri hanya berjarak sekitar 700 meter dari lokasi tabrakan. Oleh sebab itu, Ani mendengar jelas suara tabrakan kereta tersebut.

"Saya langsung ke lantai 2 rumah. Lihat dari kejauhan pas dengar suara," ujarnya.

Beberapa tetangga Ani juga mendengar suara dentuman keras kala insiden terjadi. Beberapa orang juga sempat keluar rumah untuk mencari tahu asal suara dentuman tersebut.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts