Polisi Pastikan Tabrakan LRT Murni Kecelakaan, INKA Diminta Berbenah Untuk Jaga Kepercayaan Publik
Twitter/seatodaynews
Nasional

Kecelakaan LRT di kawasan Munjul, Jakarta Timur, hingga saat ini masih dalam penyelidikan. Selain itu, PT INKA juga diminta untuk bisa evaluasi kecelakaan tersebut.

WowKeren - Pada Senin (25/10) kemarin, sebuah kecelakaan menimpa kereta LRT di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur. Beruntungnya, peristiwa nahas ini tidak memakan korban lantaran memang tengah melakukan uji coba, sehingga belum ada penumpang.

Hingga saat ini, penyebab kecelakaan itu masih terus diselidiki. Polda Metro Jaya menyebut bahwa tabrakan yang terjadi itu adalah kecelakaan kerja. "Jadi itu masuk ke laka (kecelakaan) kerja ya," tutur Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono kepada Tribunnews.com, Senin (25/10).

Argo menuturkan bahwa saat ini pihaknya hanya membantu mengamankan area lokasi kejadian untuk menggali informasi tambahan, baik terkait dengan korban ataupun kerugian materi akibat kecelakaan tersebut. Menurutnya, penyelidikan kasus tabrakan itu akan dilakukan oleh Satuan Reskrim. Hal ini lantaran untuk upaya penyelamatan karena diketahui ada satu korban luka yakni masinis LRT itu sendiri.

Selain itu, proses evakuasi juga dilakukan oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur. Menurut Kepala Seksi Operasional Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Gatot Sulaeman kereta LRT itu dalam keadaan kosong dan sedang dalam uji coba.


Atas peristiwa kecelakaan itu, Pakar Transportasi dan Kebijakan Publik Trubus Rahardiansyah menuturkan bahwa PT INKA harus segera berbenah agar kepercayaan publik kepada LRT tidak menurun. Menurutnya, akibat dari kecelakaan ini bisa saja membuat kepercayaan publik terhadap LRT menurun.

"Jadi menurut saya LRT ini dampaknya menyebabkan publik trust-nya yang bisa saja menjadi menurun kalau tidak dilakukan langkah-langkah antisipasi agar ke depan tidak terjadi," jelas Trubus kepada wartawan, Senin (25/10). "Kalau dari sisi kebijakan publik harusnya pemerintah memperhatikan betul dalam hal ini PT INKA memperhatikan betul tingkat kepercayaan publik."

Menurut Trubus, salah satu penyebab kecelakaan LRT itu adalah human eror. Selain itu, ia juga menyinggung terkait dengan belum adanya izin LRT. Jadi menurutnya, mengenai perizinan seharusnya bisa diselesaikan terlebih dahulu meski baru uji coba.

Selanjutnya, kata Trubus, keterampilan atau profesionalisme masinis juga dinilai belum ada. Hingga memunculkan adanya kemungkinan jalan yang belum memenuhi standar.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait