Bukan Main! Riset Ungkap Durasi Main HP Orang Indonesia Tertinggi di Dunia, Sampai 5,5 Jam Sehari
PxHere
Nasional

Riset oleh App Annie menunjukkan Indonesia berada di urutan pertama negara dengan durasi pemakaian ponsel terbanyak dalam sehari. Mencapai 5,5 jam, durasi ini melampaui Brasil dan Korsel.

WowKeren - App Annie mengeluarkan hasil riset terbarunya soal durasi seseorang menggunakan ponsel setiap harinya. Dan kali ini, dikutip dari Kumparan, App Annie rupanya menobatkan Indonesia segara negara yang warganya menghabiskan waktu paling lama bermain ponsel, yakni mencapai 5,5 jam.

Laporan ini diungkap di "Consumers in Three Countries Now Spend More Than 5 Hours a Day in Apps", dengan rentang waktu penelitian pada Kuartal III-2021. Dengan durasi bermain HP yang sampai 5,5 jam lamanya, Indonesia pun menyalip rekor yang dicatatkan beberapa negara yang sebelumnya selalu duduk di peringkat teratas, seperti Brasil (5,4 jam), Korea Selatan (5 jam), dan India (4,8 jam).

Dengan durasi bermain ponsel sampai 5,5 jam berarti hampir seperempat hari orang Indonesia dihabiskan untuk mengoperasikan ponsel. Durasi ini pun jauh melampaui beberapa negara lain yang durasi pemakaian ponselnya mencapai 4 jam dalam sehari.


Beberapa negara dengan durasi memainkan ponsel rata-rata 4 jam sehari antara lain Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Rusia, Turki, Australia, dan Inggris. Lalu ada Argentina, Prancis, dan Jerman di urutan berikutnya dengan durasi pemakaian ponsel antara 3,6-3,3 jam sehari. Sedangkan Tiongkok berada di posisi ke-16 dengan durasi pemakaian ponsel sekitar 3,2 jam dalam sehari.

Kemungkinan durasi pemakaian ponsel di Tiongkok berkurang setelah pemerintah setempat menerapkan kebijakan pembatasan jam bermain permainan online bagi anak di bawah umur. Diketahui anak-anak di bawah usia 18 tahun hanya boleh main game online selama 3 jam per minggu, yakni hanya pada Jumat-Minggu mulai pukul 20.00 sampai 21.00 waktu setempat.

App Annie mengumpulkan data pemakaian ponsel ini berdasarkan monitoring terhadap penggunaan smartphone Android di negara-negara objek surveinya. Dan hasil survei ini sekaligus menunjukkan bahwa era "menonton TV untuk menghabiskan waktu" sudah berakhir, yang mana kini digantikan oleh smartphone. Statistik menunjukkan waktu harian yang dihabiskan untuk menonton TV menurun dari 3 jam menjadi 2,5 jam sehari dalam satu dekade 2011-2021.

"Angka tersebut mengungkapkan dominasi penggunaan smartphone di kalangan konsumen dunia, terutama di negara berkembang. Sungguh kontras setelah 60 tahun mendominasi, TV telah dikalahkan. Hari-hari kejayaan keluarga yang berkumpul di sekitar TV tidak ada lagi," ujar Head of Insights App Annie, Lexi Sydow, dikutip pada Kamis (28/10).

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait